Warek I : Implementasi Nilai Teologi Al-Ma’un dalam KKN UMJ 2023

Oleh :
Kevin Arami
Pelaksanaan Pembekalan Mahasiswa KKN UMJ 2023 oleh LPPM UMJ via Zoom Meeting pada, Selasa (25/07/2023).

Diamanapun KKNnya nilai-nilai Teologi Al-Ma’un harus tetap diimplementasikan sebagai spirit Muhammadiyah dan tentunya mahasiswa akan belajar menjadi pribadi yang berkompeten dan tangguh. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep. dalam sambutannya pada saat pembekalan KKN UMJ 2023 via Zoom Meeting pada, Selasa (25/07/2023).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMJ menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023, yang setiap tahunnya dilaksanakan. KKN UMJ 2023 ini bertemakan “Implementasi Teologi Al-Ma’un Menuju Mahasiswa Peduli dan Berkemajuan”.

Baca Juga : Mahasiswa KKN UMJ Harus Bijak Bermedia Sosial

Acara Pembekalan KKN UMJ 2023 ini dihadiri oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., Ketua LPPM UMJ Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si., Ketua Pelaksana KKN UMJ 2023 Dr. Lusi Andriyani, M.Si. Pemateri Pembekalan KKN UMJ 2023 Ummul Habibah Hasyim, ST., M.Eng. dan Reddy Oktariawan, S.Kom. ikut serta juga Mahasiswa UMJ yang menjadi peserta KKN UMJ 2023.

Selain itu, Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si. menyampaikan materi tentang kebijakan KKN 2023 dalam kinerja UMJ dan implementasi MBKM dalam mencetak sarjana kompeten, tangguh, kerjasama dengan mitra.

“KKN UMJ 2023 ini sudah mulai normal dan kembali turun ke lapangan. KKN UMJ adalah sebagai wujud pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Program ini merupakan proses pengaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa selama mengikuti perkuliahan, baik dari kegiatan akademik, maupun kegiatan extra keorganisasian,” papar Prof. Yuni.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Lusi Andriyani, M.Si. menyampaikan materi pembekalan mahasiswa peserta KKN UMJ 2023.

“Prinsip KKN UMJ Pertama, dapat dilaksanakan yaitu  membuat program dalam KKN dengan sederhana dan bisa dilaksanakan. Kedua, dapat diterima oleh komunitas lokal masyarakat setempat. Ketiga, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa KKN harus pastisipatif dan bekerlanjutan serta memberikan peran positif,” ungkap Lusi.

Lusi juga menambahkan, lokasi KKN UMJ 2023 yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus-31 Agustus 2023 bermitra dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasiona (BKKBN), dan Kementerian Pertanian akan berlokasi di Cianjur, Subang, Bogor, Pandeglang.

Selanjutnya penyampaian materi pembekalan oleh Ummul Habibah Hasyim, ST., M.Eng. tentang penyusunan luaran tambahan KKN UMJ 2023 bagi mahasiswa dan etika publikasi yang baik.

“Luaran tambahan KKN UMJ adalah hasil kegiatan peserta KKN yang dipublikasi pada media sosial. Tujuannya adalah mempublikasi hasil kegiatan KKN baik individu maupun kelompok kepada masyarakat secara luas terhadap capaian kegaiatan KKN yang telah dilaksanakan,” ungkap Ummul.

Pembekalan terakhir disampaikan oleh Reddy Oktariawan, S.Kom. yang memperkenalkan dan menjelaskan penggunaan sistem website kkn.umj.ac.id. mulai dari fitur apa saja yang ada di dalam website tersebut.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/