Mahasiswa KKN UMJ Harus Bijak Bermedia Sosial

Oleh :
Dinar Meidiana
kkn umj 2023
DPL KKN UMJ 2023 ikuti pembekalan secara daring, Senin (24/07/2023).

Dosen Pembimbing Lapangan program Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Jakarta (DPL KKN UMJ) 2023 dihimbau mengawasi mahasiswa agar bijak menggunakan media digital dalam mempublikasikan setiap kegiatan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana KKN UMJ 2023 Dr. Lusi Andriyani, M.Si., saat memberikan pembekalan pada DPL KKN UMJ 2023 secara daring, Senin (24/07/2023).

Baca Juga : KKN UMJ 2023 Libatkan Aisyiyah di Tiga Daerah

“DPL agar mengawasi mahasiswa di lokasi KKN. Gunakan media sosial secara bijak dan memerhatikan etika agar tidak menyinggung mitra atau pihak-pihak terkait,” ungkapnya. Lusi menekankan agar dosen dapat mengarahkan mahasiswa peserta KKN untuk membuat konten-konten kreatif dan positif selama program berjalan dengan memerhatikan etika, moral, dan nilai budaya.

Hal ini ditegaskannya agar KKN UMJ dapat berdampak, berkontribusi positif, dan memberikan kesan baik di lingkungan masyarakat. Senada dengan hal itu, panitia KKN mengarahkan agar mahasiswa dan DPL dapat memanfaatkan berbagai platform seperti instagram, youtube, facebook, tiktok, twitter hingga blog sebagai media publikasi luaran KKN UMJ 2023 masing-masing kelompok.

Selain itu KKN UMJ 2023 yang terbagi menjadi dua kategori yaitu nasional dan internasional, ditargetkan menghasilkan luaran dalam bentuk jurnal yang akan diseminarkan pada Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UMJ 2023.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMJ Prof. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., saat memberikan arahan pada DPL. Tri Yuni menghimbau agar DPL bersama mahasiswa dapat mempersiapkan tulisan jurnal sesuai dengan program kegiatan yang dilaksanakan di lokasi masing-masing.

Skema KKN tersebut merupakan integrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. “UMJ mengusahakan integrasi KKN tidak hanya pada mitra tapi juga dengan MBKM sehingga program pengabdian kepada masyarakat dilakukan dosen bersama mahasiswa,” ungkap Tri Yuni.

Diketahui KKN UMJ kategori nasional berkolaborasi dengan berbagai pihak yaitu BKKBN, Kementerian Pertanian RI, Baznas, Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah di empat kabupaten yaitu Pandeglang, Subang, Bogor, dan Cianjur.

Sementara itu KKN internasional dilaksanakan di Thailand yang berkolaborasi dengan Integrated Islamic School Network (IISN) dan KKN Kemitraan Internasional PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah)di Malaysia. Peserta mahasiswa KKN UMJ 2023 yang berjumlah lebih dari 900 orang akan diberangkatkan ke lokasi pada 1 Agustus 2023.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/