FIK UMJ Gelar Gebyar Keperawatan Darurat

Oleh :
Syamikar FIK
Dekan FIK UMJ, Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed., menghadiri Gebyar Keperawatan Gawat Darurat (KGD), di Gedung FIK UMJ, Jumat (21/07/2023).

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK-UMJ) menggelar Gebyar Keperawatan Gawat Darurat (KGD), di Gedung FIK UMJ, Jumat (21/07/2023). Kegiatan ini merupakan wadah ekspresi dan kreativitas mahasiswa dalam melakukan intervensi keperawatan gawat darurat.

Baca juga : Indonesia Peringkat Kedua Terbanyak Kasus TBC, ASIK Jadi Solusi

Ratusan mahasiswa FIK UMJ antusias karena event ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan menangani situasi gawat darurat dengan tepat dan responsif melalui perlombaan. Ada tiga jenis lomba yang diadakan yaitu senam Bantuan Hidup Dasar (BHD), menulis artikel ilmiah tentang pelayanan kesehatan gawat darurat, dan desain poster.

Lomba Senam BHD menjadi sorotan utama di Gebyar KGD FIK UMJ. Melalui lomba ini, para mahasiswa diajak untuk berlatih menerapkan teknik BHD secara benar dan efektif. Peserta tampak antusias dan semangat menampilkan gerakan-gerakan BHD yang dinamis dan penuh energi.

Sementara itu lomba menulis artikel ilmiah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengungkapkan ide dan pengetahuan tentang pelayanan kesehatan gawat darurat melalui tulisan. Dengan penuh kreativitas dan dedikasi, para peserta diharapkan dapat mengangkat isu-isu kritis dan memberikan solusi inovatif yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan darurat.

Tak kalah menarik, lomba desain poster menantang mahasiswa untuk menyajikan informasi penting tentang tindakan keperawatan gawat darurat secara visual dan menarik. Poster-poster ini dipajang di area lomba untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman pada peserta dan pengunjung lainnya.

Dosen Penanggung Jawab Kegiatan Gebyar KGD FIK UMJ Fitrian Rayasari, M.Kep., mengatakan, “Melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan klinis dan meningkatkan kepercayaan diri dalam menangani situasi darurat dengan cekatan dan tepat.”

Dekan FIK UMJ, Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed., mengapresiasi dedikasi dan semangat yang ditunjukkan oleh mahasiswa FIK UMJ dalam mengembangkan kualitas pelayanan keperawatan gawat darurat. Hal senada disampaikan oleh Ketua Prodi Keperawatan Neneng Kurwiyah sekaligus berharap kegiatan menjadi tonggak awal mahasiswa memberikan kontribusi dalam pelayanan kesehatan, berdampak positif, dan menginspirasi masyarakat.

Rangkaian Gebyar KGD FIK UMJ ini menjadi wadah penuh inspirasi dan semangat bagi para mahasiswa untuk mengintegrasikan pengetahuan dari kelas dengan implementasi praktik di dunia nyata. Ini merupakan salah satu wujud komitmen FIK UMJ dalam mencetak tenaga keperawatan yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan dengan.


Penulis : Syamikar Baridwan Syamsir, Departemen Keperawatan Komunitas FIK UMJ

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/