Prodi Gizi FKK UMJ Angkat Isu Peningkatan Gizi Anak

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Nutrilink 2.0 Gizi anak FKK UMJ
Program Studi Gizi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Kuliah Pakar Nutrilinks 2.0 secara daring, Minggu (25/06/2023).

Program Studi Gizi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Kuliah Pakar Nutrilinks 2.0 dengan tema Upaya Peningkatan Status Gizi Anak Melalui Konseling Gizi dan Pengembangan Produk Pangan Fungsional. Kegiatan ini diadakan secara daring pada Minggu, (25/06/2023).

Baca juga : Mahasiswa Prodi Gizi FKK UMJ Gelar Bazar Makanan

Ketua Program Studi Gizi, Dr. Sugiatmi, SP., MKM. Membuka Kuliah Pakar 2.0 dengan memberikan pernyataan bahwa tema yang diangkat merupakan isu yang harus diketahui masyarakat umum, bukan hanya mahasiswa gizi FKK UMJ saja.

“Masalah gizi di Indonesia masih tergolong masalah kesehatan masyarakat sehingga perlu untuk di tindak lanjuti yang bisa berupa konseling gizi untuk pencegahan, interpretasi, dan juga pemanfaatan pangan-pangan fungsional. Semoga ilmu yang kita dapat dari para narasumber hari ini dapat menambah wawasan kita dalam menanggulangi masalah gizi di Indonesia,” ujar Sugiatmi.

Acara berlanjut dengan penyampaian materi yang dibawakan oleh Ahli Gizi Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi, Diah Maunah, S.Gz, RD. Topik yang diangkat Diah yakni Konseling Gizi yang Efektif Pada Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Anak di Rumah Sakit.

“Konseling gizi bertujuan untuk membantu klien mengidentifikasi dan menganalisis masalah, memberikan alternatif pemecahan masalah, serta membimbing kemandirian mengatasi masalah. Pada pelaksanaannya, konselor harus membangun kepercayaan diri agar klien mampu mengambil keputusan untuk mengatasi masalahnya sendiri,” tutur Diah.

Masih di pembahasan yang sama, narasumber kedua yang merupakan Ahli Gizi dari Klinik MPASI dan Ahli Gizi ID di media sosial, Qonita Rachmah, S.Gz., M.Sc. menuturkan perihal Tren Parenting dengan Konseling Gizi Online dalam Peningkatan Status Gizi Anak.

Pengetahuan seorang Ibu akan gizi sangat penting untuk mengetahui kadar gizi, perkembangan, juga status gizi. Oleh karenanya, dikatakan Qonitah bahwa di masa depan akan semakin banyak konseling secara online karena pengaruh perkembangan media dan teknologi serta tidak terikat tempat dan waktu antara konselor dan klien.

Pemaparan materi terakhir dibawakan oleh Dosen prodi Gizi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Ir. Anis Catur Adi, M.Si. yang menyampaikan tentang pengembangan produk pangan fungsional untuk peningkatan status gizi anak. Gizi berperan penting dalam kehidupan manusia sejak lahir hingga memasuki golden period.

Pasca golden period, pertumbuhan manusia akan semakin berkembang dengan kecukupan jumlah dan jenis zat gizi. Di era modern seperti saat ini, gizi harus diperhatikan dalam memilih makanan. Terkadang banyak masyarakat lebih tertarik dengan makanan cepat saji ketimbang makanan sehat yang dimasak sendiri. (MT/KSU)

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/