Himanesia FIP UMJ Hadirkan Produser Senior TV Nasional

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Boim Lebon dalam Acara Seminar Lokakarya Jurnalistik Himanesia FIP UMJ, di Auditorium FIP UMJ, Rabu, (24/05/2023).

Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (PBSI FIP UMJ) selenggarakan seminar lokakarya jurnalistik dengan menghadirkan produser stasiun televisi nasional, Boim Lebon. Kegiatan yang mengusung tema Bersinergi Menumbuhkan Jiwa Jurnalis Muda Berpotensial di Era Futuristik ini diadakan di Auditorium FIP UMJ, Rabu, (24/05/2023).

Boim yang juga menjabat sebagai dosen FIP UMJ berbagi cerita terkait pengalamannya selama menggeluti dunia jurnalistik, salah satunya ketika menjadi produser program acara di beberapa stasiun televisi ternama Indonesia, dan penulis naskah serta program televisi seperti Hafidzh Quran Indonesia dan Amanah Wali Season 5.

“Di dalam ilmu jurnalistik yang paling penting adalah apakah pesan yang ingin kita sampaikan dapat dipahami oleh pembaca. Karena itu, kata atau kalimat yang digunakan harus jelas dan tidak rancu. Sebab tugas jurnalis adalah menyampaikan informasi sejelas-jelasnya,” ujar Boim.

Sebuah tulisan harus memiliki rasa dan logika bahasa. Hal ini berkaitan dengan target usia pembaca yang berbeda-beda. Oleh karenanya Boim menuturkan seorang jurnalis harus peka dengan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, beberapa rangkaian teknik menulis yang baik dan benar juga dipaparkan oleh Boim, salah satunya rumus 5W+1H dan penentuan nilai berita.

Ketua Prodi PBSI FIP UMJ, Ratna Dewi Kartikasari, M.Pd. menuturkan kegiatan lokakarya jurnalistik sangat bermanfaat untuk mahasiswa. “Kegiatan ini dapat memberdayakan pemahaman sekaligus meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam pematangan menulis,” ujar Ratna.

Ratna juga berharap dengan adanya lokakarya jurnalistik akan semakin banyak sumber daya mahasiswa di FIP UMJ yang unggul dan berkembang. Sejalan dengan hal tersebut, Gubernur Mahasiswa FIP UMJ, Gilang Ramadhan mengatakan bentuk kolaborasi antar organisasi dengan akademik seperti yang diterapkan Himanesia dapat menumbuhkan keterampilan akademik maupun soft skill mahasiswa.

Berkarir sejak 2003, Boim Lebon memiliki banyak karya yang tertuang dalam novel, komik, dan program televisi seperti Hafidzh Quran Indonesia dan Amanah Wali Season 5. Di akhir, kegiatan yang bertujuan untuk memupuk mutu dan kompetisi mahasiswa dalam bidang jurnalistik ini menyajikan praktik menulis yang diikuti oleh setiap peserta dengan mempublish hasil tulisan ke portal berita Kumparan.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/