Membentuk Kepribadian Unggul di Dunia Kerja

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Metha Tri Rizka, Rizki Harisnanda, Rizky Iskandar, saat sesi talkshow UMJ Career Expo 2023, di Gedung Cendekia, Selasa (07/02).

Kepribadian yang unggul sangat berpengaruh untuk meningkatkan nilai seseorang dalam dunia kerja. Untuk membentuk kepribadian tersebut diperlukan personal branding di sosial media yang baik, kepercayaan diri, hingga kemampuan beradaptasi. Berkaitan dengan itu, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar talkshow dalam UMJ Career Expo 2023 dengan tajuk “Connecting Opportunities”, yang menghadirkan Praktisi Public Relations Metha Tri Rizka, Jurnalis CNN Rizky Harisnanda, dan Expert Coach A2S Consulting Rizki Iskandar, di Gedung Cendikia UMJ, Selasa (7/02).

Berfokus pada personal branding, Metha mengungkapkan bahwa saat ini sosial media menjadi salah satu indikator di dalam dunia kerja. “Beberapa perusahaan melakukan penelusuran atau stalking sosial media kalian. Jadi menurut saya, sosial media teman-teman mulai dirapikan dan dibagusin. Bukan berarti feeds/temanya yang sama, tapi maksudnya caption dan postingan yang tidak penting dibetulkan, supaya brand image atau personal branding kita bisa naik (nilainya),” tutur Metha.

Baca juga : UMJ Career Expo 2023 Resmi Dibuka Walikota Tangsel

Sementara itu, Rizky Harisnanda membagikan pengalamannya untuk membangkitkan kepercayaan diri para mahasiswa maupun para pelamar kerja. Rizky berpesan untuk tidak menyalahkan keadaan diri sendiri. “Jangan pernah menyalahkan kita lahir miskin, tetapi salahkan ketika kita mati miskin, karena ini bukan alasan untuk kita sukses. Pelan-pelan, fokus, harus menonjol, dan harus menunjukkan kemampuan diri sendiri. Keberhasilan kita adalah tamparan untuk yang merendahkan diri kita. Kita harus percaya dan tetap di jalan Allah. Tetap semangat dan buktikan di kemudian hari, karena kegagalan itu biasa selayaknya keberhasilan. Jadi, jangan pesimis,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dalam konteks tempat kerja, diperlukan relasi yang banyak. “Fungsinya adalah semakin banyak relasi yang kita miliki, akan semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Saat-saat kuliah tentunya harus dimanfaatkan bagi mahasiswa untuk membangun relasi sebanyak mungkin baik dalam organisasi, masyarakat, dan sebagainya,” ujar Rizky.

Sementara itu, narasumber talkshow ketiga, Rizki Iskandar menjabarkan tentang kemampuan adaptasi yang sangat penting dimiliki setiap orang. Menurutnya ada tiga tipe kemampuan beradaptasi yaitu cognitive adaptability, emotional adaptability, dan personality adaptability. “Setiap orang harus tau nilai 3 tipe adaptasi tersebut supaya paham diri sendiri, karena berpengaruh terhadap value diri sendiri untuk menjadi orang yang dihitung saja atau diperhitungkan,” kata Rizki.

Salah satu peserta UMJ Career Expo 2023, Novita Nur Anggraini mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut sangat membantu para pencari kerja maupun mahasiswa. “Ini dapat membantu jobseeker untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan passion yang diinginkan, memberikan insight baru untuk mahasiswa khususnya tingkat akhir mengenai dunia kerja. Juga pastinya dapat meningkatkan pengetahuan tentang personal branding dengan mengikuti talkshow yang menarik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Novita yang saat ini menginjak semester akhir di Prodi Teknik Kimia FT UMJ mengutarakan harapannya. “Semoga dapat meningkatkan personal branding. Dan ke depannya Career Expo UMJ lebih banyak lagi industri yang bergabung, khususnya yang berbau engineering. Supaya semakin luas juga nantinya kiprah lulusan dari UMJ,” pungkas Novita.

UMJ Career Expo 2023 diikuti 30 mitra perusahaan dari berbagai bidang bisnis mulai dari otomotif, food and beverage, keuangan, jasa, dan lain-lain. Selain booth perusahaan, UMJ Career Expo juga dimeriahkan oleh booth UMKM Catering Tangerang Selatan (UCTS).

Terdata lebih dari 2000 pencari peluang karir, baik alumni UMJ maupun umum, telah mendaftarkan diri untuk bergabung di UMJ Career Expo. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 7 hingga 8 Februari 2023. Pada hari kedua, sesi talkshow menghadirkan Lead Analyst Brand Communications Corporate Communications Astra Deddy Pradityo, Brand and Communications of SCG Indonesia Novia Kardiyanti, dan Direktur Kepatuhan PT Asuransi R. Melda Maesarach. (QF/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/