Sertifikasi Dosen Tingkatkan Profil Dosen dan Institusi

Oleh :
Raisha Noor
Sertifikasi Dosen
Suasana sosialisasi di Gedung Printis II, pada Rabu (18/01).

Sertifikasi dosen dapat meningkatkan profil dosen serta institusi, hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Sopa, M.Ag. Dalam penerapannya sertifikasi dosen bertujuan diantara lain untuk menilai profesionalisme dosen, melindungi profesi dosen sebagai agen pembelajaran di perguruan tinggi , meningkatkan hasil pendidikan dan mempercepat tujuan pendidikan nasional.

Dalam upaya uji kompetensi lulus sertifikasi dosen, Fakultas Agama Islam (FAI) mengadakan sosialisasi SISTER (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi), SIJALI 3 (Sistem Informasi Jabatan Akademik LLDikti Wilayah III) , SINTA (Science and Technology Index) di ruang rapat Gedung Printis II, pada Rabu (18/01).

Sosialisasi dihadiri oleh Dekan beserta jajarannya dan seluruh dosen FAI yang terbagi menjadi dua sesi pagi dan siang. Dekan Fakultas Agama Islam, Dr. Sopa, M.Ag, menjelaskan bahwa dengan adanya sosialisasi diharapkan dapat meluluskan seluruh dosen FAI dalam sertifikasi dosen.

Lebih lanjut, Sopa menerangkan manfaat sertifikasi dosen yaitu dapat menaikkan profil dosen dan institusi baik di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) maupun bermanfaat untuk keperluan akreditasi seperti dapat mengganti Instrumen Suplemen Konversi (ISK) kepada versi terbaru. Sejauh ini terdapat empat dosen FAI yang telah lolos sertifikasi dosen pada tahun 2022 yang diselenggarakan Kemendikbudristek.

Taufiqurrochman, M. Kom Kepala PDTI memberi materi pada sosialisasi di Gedung Printis II, Rabu (18/01).

Di antara tahapan kelulusan sertifikasi dosen akan melewati pemuktahiran data pada portal-portal SISTER, SIJALI 3 dan SINTA. “Pemuktahiran data pada portal-portal ini berfungsi sebagai keperluan untuk Beban Kerja Dosen (BKD) yang sudah melewati sertifikasi dosen,” kata Sopa.

Dalam hal ini diharapkan seluruh dosen dapat lolos sertifikasi dengan mengupayakan pemuktahiran data pada SISTER, SIJALI dan SINTA. Pada sosialisasi ini mengundang narasumber Taufiqurrochman, M. Kom (Kepala Pusdatin Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Taufiq menerangkan teknis pengisian data pada SISTER, SIJALI dan SINTA secara detail. Taufiq menekankan bahwa dalam pemuktahiran data diperlukannya kerja sama dengan operator fakultas dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) demi mendongkrak UMJ menuju unggul melalui kenaikan pangkat dosen yang tersertifikasi. (RN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/