Mahasiswa FT-UMJ Pamerkan Hasil Karya Inovasi

Oleh :
Dinar Meidiana
Siswa SMA/SMK seJabotabek menyimak seminar dari Dr. Anwar Ilmar Ramadhan dalam rangkaian Semarak Festival Teknik FT UMJ, di Aula Juanda FT UMJ, Sabtu (08/10).

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik UMJ melalui rangkaian acara Semarak Festival Teknik, mengundang siswa SMA/SMK di wilayah Jabodetabek, Sabtu (08/10). Sebanyak 50 siswa dari 8 SMA/SMK se-Jabotabek mengikuti seminar dan pameran karya mahasiswa FT UMJ di Aula Juanda, FT UMJ. Seminar yang mengangkat tema Revolusi Industri 5.0 Untuk Generasi Z menghadirkan Dr. Anwar Ilmar Ramadhan, MT., dosen Teknik Mesin FT-UMJ sebagai narasumber.

Anwar mengapresiasi kegiatan FT-UMJ yang mengundang siswa SMA/SMK dari beberapa wilayah di Jabodetabek. Menurutnya dengan hadirnya siswa SMA/SMK dapat memberikan implikasi yang positif. “Mereka melihat potensi calon mahasiswa baru sehingga berimplikasi pada kemajuan. Timbul inventor-inventor kecil masa depan, tentunya punya kenaikan nilai termasuk produk maupun barang dan jasa, sehingga ke depannya UMJ yang diinisiai BEM-FT dapat memberikan contoh pada BEM Fakultas lain di UMJ. Sehingga kedepannya calon inventor kita dapat menimbulkan rasa tanggung jawab dan rasa jadi lebih hebat,” ungkap Anwar.

Siswa SMA/SMK dalam Pameran Karya Mahasiswa FT UMJ, di Aula Juanda FT UMJ, Sabtu (08/10).

Setelah mengikuti seminar, para siswa menyaksikan pameran karya mahasiswa dari seluruh Program Studi dan Komunitas di FT-UMJ. Karya-karya tersebut selain menjadi kegiatan ekstrakurikuler, dan luaran pembelajaran, juga umumnya adalah hasil dari keikutsertaan mahasiswa dalam ajang Pusat Prestasi Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek Dikti, serta ajang bergengsi lainnya.

Beberapa karya di antaranya Mobil Hemat Energi dan Go Kart dari Prodi Teknik Mesin, Kapal Cepat Tak Berawak dari Prodi Teknik Elektro, Rancangan Bangunan Tahan Gempa dari Prodi Teknik Sipil, Rancangan Pemukiman dari Prodi Arsitektur, Robot Pemadam Kebakaran dari Komunitas Robotik, dan Robot Terbang dari Shankara Force.

Salah satu siswa peserta kegiatan dari SMKN 54 Jakarta, Izzati Bajra Sena, mengaku merasa senang dapat ikut dalam Semarak Festival Teknik FT-UMJ. “Materi yang diberikan Pak Anwar sangat jelas, memberikan gambaran dunia industri 5.0 yang menantang tapi memiliki potensi besar. Jadi kita bisa mengambil kesempatan,” kata Sena.

Seminar dan Pameran Karya tersebut merupakan puncak acara sekaligus penutup dari rangkaian Semarak Festival Teknik FT-UMJ yang digelar sejak 28 September 2022. (DN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/