LP4S UMJ Lakukan Pendampingan Penyusunan Kurikulum Berbasis OBE

Oleh :
Nadiva Rahma
LP4S UMJ Lakukan Pendampingan Penyusunan Kurikulum Berbasis OBE
Wakil Rektor II UMJ, Dr. Ir. Mutmainah, M.M (kanan) dan Ketua LP4S UMJ, Prof. Dr. Budiyanto, S.T.,M.T (kiri) saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan Workshop Pendampingan Penyusunan Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) di Aula FH UMJ, Senin, (18/12/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Lembaga Pengembangan, Pendidikan, Pengajaran, dan Perencanaan Strategis Universitas Muhammadiyah Jakarta (LP4S UMJ) melakukan pendampingan penyusunan kurikulum berbasis Outcome Based Education (0BE) dengan melaksanakan Workhsop bertajuk Evaluasi Efektivitas Kurikulum Berbasis OBE: Tantangan dan Kesempatan di Aula Fakultas Hukum UMJ, Senin (18/12/2023).

Baca juga : UMJ Gelar Sosialisasi Program RPL dan Penerapan Kurikulum OBE

Kegiatan yang dihadiri para Wakil Dekan I dan Ketua Program Studi di lingkungan UMJ ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor II UMJ, Dr. Ir. Mutmainah, M.M. Dalam sambutannya Mutmainah menyampaikan dalam pelayanan kurikulum harus dilakukan perubahan. “Saya berharap dengan penyusunan kurikulum OBE ini, outcome yang diharapkan dapat terukur dan mencerminkan apa yang diharapkan”.

Ketua LP4S UMJ, Prof. Dr. Budiyanto, S.T.,M.T., mengatakan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) adalah kurikulum yang dinamis untuk menghadapi era kedepan. Tujuan dari kegiatan ini adalah UMJ menargetkan capaian akreditasi unggul oleh masing-masing prodi di UMJ, sehingga perlu dilakukan perbaikan kurikulum.

Pada kesempatan yang sama, Badan Penjaminan Mutu UMJ, Prof. Dr. Ibnu Sina Candra, SH.,M.H., mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar UMJ untuk beradaptasi dengan tuntutan global. Diantaranya tuntutan tersebut adalah agar mahasiswa di UMJ bisa memiliki koneksi antara bidang studi dengan dunia kerja dan memenuhi standar internasional. Dalam hal ini BPM UMJ melakukan pendampingan terhadap penyusunan kurikulum agar tetap dalam koridor mutu yang diharapkan dan mahasiswa bisa menerima manfaatnya.

Kegiatan ini menghadirkan Prof. Leni Sophia Heliani, S.T.,M.Sc., sebagai narasumber. Dalam kesempatan itu Ia menyampaikan beberapa topik yakni konsep Outcome Based Education, capaian program dan penyelarasan terstruktur, kurikulum berbasis capaian program dan RPS berbasis capaian program. Melalui workhsop ini peserta diharapkan mampu merefleksikan konsep pendidikan berbasis capaian program, memformulasikan profil lulusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), menjelaskan kurikulum berbasis CP, mendesain Rencana Pembelajaran Studi (RPS), dan mengidentifikasi perbaikan kurikulum berbasis OBE secara sistematik di program studi.

Dalam kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari hingga Selasa, 19 Desember 2023, akan dilakukan penyusunan CPL, CPMK, CPS yang kemudian akan menghasilkan evaluasi terhadap kurikulum yang telah dibuat.

Editor : Dian Fazalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/