Rektor UMJ: Pentingnya Keseimbangan Dalam Pemerintah

Oleh :
Fazri Maulana
Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dalam Kabar Petang TVOne,
Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. dalam Kabar Petang TVOne, Selasa (20/2/2024). (Foto : Tv One)

Rektor sekaligus Guru Besar Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si menjadi salah satu narasumber dalam program Kabar Petang TVOne, Selasa (20/2/2024). Dalam acara tersebut, Ma’mun mengharapkan adanya keseimbangan antara pemerintah yang berkuasa dan oposisi yang menjadi pengawas pemerintahan.

Baca juga : Rektor Berikan Edukasi Politik Bagi Civitas Akademika UMJ

Pada kesempatan ini, ia menanggapi pertemuan antara Presiden RI Joko widodo dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Dari pertemuan itu, memicu banyak spekulasi. Mulai dari dugaan bahwa partai NasDem diprediksi berpotensi untuk mendukung pemerintahan ke depan.

Ma’mun menilai dalam dua edisi Pemilu mutakhir, terlihat bahwa partai politik cenderung lebih memilih bergabung dengan kekuasaan. Menurutnya, komposisi antara oposisi dan pemerintah harus seimbang. Dengan begitu, akan terjadi check and balance.

“Sehingga nanti pada pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) ada keseimbangan. Tidak lagi undang-undang disetujui dengan cepat, sekalipun Undang-undang itu bermasalah di masyarakat,” ucap Ma’mun.

Jika melihat data saat ini, hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berpotensi menjadi oposisi.  “Maka dalam konteks ini, saya berharap PKB dan NasDem bisa menegaskan menjadi oposisi, agar keseimbangan itu terjadi,” ungkap Ma’mun.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Burhanuddin, M.A., juga Direktur Eksekutif Indikator Politik mengatakan ada dua faktor partai politik di Indonesia cenderung tidak siap menjadi oposisi yaitu tidak adanya jaminan elektoral dan finansial.

Ma’mun berdialog bersama dengan Direktur Eksekutif Indikator Prof. Burhanuddin, M.A., dan Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial Centre For Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, dengan tema “Koalisi dan Oposisi Pascapemilu” Kabar Petang disiarkan langsung di saluran televisi TVOne tayang secara langsung pukul 17.00-17.30.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/