Rektor Berikan Edukasi Politik Bagi Civitas Akademika UMJ

Oleh :
Fazri Maulana
mamun murod
Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., memberikan edukasi politik bagi civitas akademika di lingkungan universitas menjelang pesta demokrasi 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Wisata Pulau Situ Gintung 2, Kamis (01/2/2024). (Foto : KSU/Fazri Maulana)

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., memberikan edukasi politik bagi civitas akademika di lingkungan universitas menjelang pesta demokrasi 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Wisata Pulau Situ Gintung 2, Kamis (01/2/2024).

Baca juga : Jelang Pemilu, Rektor UMJ Tekankan 3 Prinsip Demokrasi

Pada kegiatan bertajuk Silaturahim dan Sosialisasi Kebijakan Politik Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Pada Pemilu 2024 ini, Mamun menyampaikan bahwa kader Muhammadiyah untuk ikut berpartisipasi dalam politik untuk menyongsong kesuksesan Pemilu.

“Sebagai organisasi masyarakat (Ormas) terbesar Muhammadiyah selalu memiliki pemikiran dan sumbangsih bagaimana menyikapi dan berperan aktif dalam menyukseskan pemilihan umum,” ungkap Ma’mun

Berkaitan dengan sikap warga persyarikatan Muhammadiyah, Ma’mun yang aktif juga sebagai Wakil Ketua Umum Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PP Muhammadiyah menerangkan bahwa melalui LHKP, Muhammadiyah memiliki kebijakan dalam menyikapi suksesi Pemilu 2024 yaitu program satu dapil satu calon legislatif (Caleg).

Lebih lanjut, Mamun menjelaskan bahwa saat ini banyak anggota Muhammadiyah yang berjuang menjadi calon legislatif sebagai tindak lanjut dari program tersebut. Untuk itu, Ia mengajak para civitas akademika untuk mendukung para kader yang berjuang untuk membangun bangsa dan negara melalui jalur eksekutif dan legislatif.

Senada dengan hal itu, Wakil Dekan II FISIP UMJ sekaligus Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah  (PDM) Kabupaten Bogor Djoni Gunanto, S.IP., M.Si menegaskan bahwa civitas akademika UMJ perlu mendorong dan mendukung kebijakan yang telah dikeluarkan oleh LHKP PP Muhammadiyah dalam menghadapi dan menyikapi persoalan Pemilu 2024.

Djoni juga ikut mengajak untuk mendorong warga persyarikatan dalam memilih mengutamakan caleg yang berlatar belakang sebagai kader Muhammadiyah. “ Memilih caleg yang memiliki kesamaan visi-misi sesuai pandangan Muhammadiyah itu penting. Karena lembaga legislatif memiliki kewenangan untuk merumuskan Undang-Undang dan akan berdampak kepada kita,” Tutur Djoni

Editor : Dian Fauzalia