Mahasiswa UMJ Jadi Duta Komisi Informasi Publik DKI Jakarta

Oleh :
Dian Fauzalia
Mahasiswa UMJ Jadi Duta Komisi Informasi DKI Jakarta
Kiri ke kanan : Naura Firyal Eltama, dosen FISIP UMJ Dr. Nani Nurani Muksin, M.Sii, ika Aulia Nurrohmah dan Dzaky Furqon seusai perayaan HUT DKI di Gedung Graha Mental Spiritual, Jakarta, Jumat (26/1/2024). (Foto : Dok.Pribadi)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dinobatkan menjadi Duta Sahabat Komisi Informasi Publik (KIP) Komisi Informasi DKI Jakarta dalam perayaan Hari Ulang Tahun Komisi Informasi ke-12 yang digelar di Gedung Graha Mental Spiritual, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Baca juga : Mahasiswa Prodi Ilkom UMJ Juara Favorit Duta Mahasiswa Anti Kekerasan 2023

Perayaan kali ini mengusung tema “Refleksi 12 Tahun Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta Kawal Keterbukaan Informasi Publik untuk Badan Publik yang Lebih Informatif, Adaptif dan Sinergis” dan bertujuan untuk merefleksikan kembali perjalanan Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta sekaligus mempererat tali silaturahmi komisioner KI DKI Jakarta dari masa ke masa.

Acara HUT Ke-12 KI DKI Jakarta kali ini berjalan meriah dan diisi dengan berbagai kegiatan, mulai dari pemutaran video refleksi 12 tahun KI DKI Jakarta, sosialisasi hunian terjangkau oleh (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) DPRKP DKI Jakarta, deklarasi Pemilu Terbuka 2024, hingga pengangkatan Duta Sahabat Komisi Informasi DKI Jakarta Tahun 2024,

Salah satu inovasi yang dilakukan KI DKI tahun ini adalah mengangkat Duta Sahabat KIP tahun 2024 yang akan bertugas menjadi pelopor penyebaran nilai-nilai dan semangat keterbukaan informasi publik, transparansi, serta akses informasi publik. Tugas lainnya adalah mensosialisasikan hak akses informasi publik sekaligus, sebagai jembatan penghubung antara Individu, Badan Publik/Lembaga dan Masyarakat.

Tahun ini terpilih 12 Duta Sahabat Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Komisi Informasi DKI Jakarta. Mereka berasal dari 12 kampus di wilayah DKI Jakarta, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Sahid (Usahid), UPI-Universitas Persada Indonesia Y.A.I., Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Trisakti, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Darunnajah Yusuf Saepuloh, dan Perwakilan dari Organisasi Kepemudaan (OKP).

Dari Universitas Muhammadiyah Jakarta terpilih tiga nama, yaitu Naura Firyal Eltama dari Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Cika Aulia Nurrohmah dari Fakultas Agama Islam (FAI), dan Dzaky Furqon Kurnia dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Dari ketiga mahasiswa tersebut, Naura dinobatkan menjadi duta keterbukaan informasi publik 2024 mewakili UMJ.

“Dengan mengikuti kegiatan ini saya bisa menambah teman dan relasi dari berbagai universitas, juga menambah pengalaman serta wawasan mengenai pentingnya transparansi dan hak akses informasi publik,” ungkap Naura, mewakili teman-temannya.

Hadir juga dalam acara itu dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMJ, yang juga Komisioner Komisi Informasi Provinsi DKI Jakarta periode 2016-2020, Dr. Nani Nurani Muksin, M.Si. Beliau mengaku terkesan dengan adanya acara ini, yang sekaligus menjadi ajang silaturahmi para komisioner.

“Saya harap tradisi yang baik ini dapat terus dilanjutkan dengan berbagai pengembangan, inovasi, dan kreativitas agar KI DKI menjadi lembaga yang informatif, adaptif dan sinergis,” ujar Nani.



Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/