Mahasiswa Prodi Ilkom UMJ Juara Favorit Duta Mahasiswa Anti Kekerasan 2023

Oleh :
Fazri Maulana
Mahasiswa Prodi Ilkom UMJ Juara Favorit Duta Mahasiswa Anti Kekerasan 2023
Dzaki Furqon (tengah), Mahasiswa Prodi Ilkom UMJ bersama Muara Wahyu Larasati (kedua dari kiri) Mahasiswa Universitas Yarsi saat menerima piagam Juara Favorit Duta Mahasiswa Anti Kekerasan DKI Jakarta tahun 2023 di Ruang Ballroom Luxury Inn Arion Hotel, Selasa (24/10/23). (Foto :Dok.Pribadi)

Dzaky Furqon, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ), terpilih menjadi juara favorit dalam Grand Final Pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan 2023 pada Selasa (24/10/2023).

Baca juga : Mahasiswa Ilkom UMJ Raih Juara 2 Lomba Podcast Tingkat Nasional

Dalam acara yang digelar di Luxury Inn Arion Hotel, Jakarta, Dzaky bersaing dengan 33 finalis lainnya yang berasal dari 18 Perguruan Tinggi di DKI Jakarta. Pada babak ini juri memilih 12 finalis terbaik untuk melaju ke babak grand final hingga akhirnya terpilih Juara 1, 2, 3, dan Juara Favorit.

“Saya berterimakasih kepada UMJ yang telah mendukung saya dalam ajang pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan ini. Selanjutnya, saya ingin menjadi role model untuk melakukan kampanye pencegahan dan penanggulangan anti kekerasan di lingkungan kampus,” tutur Dzaky beberapa saat setelah pengumuman pemenang.

Pria yang biasa disapa Dzaky ini bercerita bahwa selama kompetisi ia menjalani masa karantina dan menjalankan beberapa program. Dzaki memilih melakukan edukasi melalui kanal instagram pribadinya tentang kebijakan anti kekerasan, catcalling, hinga perlindungan anak. Sebagai finalis Dzaki juga diminta membuat program kerja untuk pencegahan dan penanggulangan anti kekerasan.

Dzaky lalu membuat beberapa ulusan program kerja, di antaranya membuat Pos Sahabat dan Perempuan Anak (Pos SAPA) UMJ, membuat event lomba 16 Hari Tanpa Kekerasan, hingga menyelenggarakan penyuluhan tentang pencegahan anti kekerasan di lingkungan kampus.

Pada kesempatan itu Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP), Rizky Hamid, menjelaskan bahwa mahasiswa perlu berperan aktif membantu pencegahan dan penanggulangan kekerasan pada sektor akar rumput. Hal itulah yang mendorong DPPAPP DKI Jakarta menggelar pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan DKI Jakarta tahun 2023 ini.

Ditambahkannya bahwa ke-33 duta mahasiswa yang terpilih ini, termasuk Dzaki, akan menjadi representatif mahasiswa dalam berbagai upaya pencegahan, edukasi, dan advokasi terhadap isu-isu kekerasan.

Sekretaris Prodi ilmu Komunikasi UMJ, Jamiati KN, S.I.Kom, M.Si., dan Kepala Unit Laporan Kekerasan Seksual dan Perundungan (ULKSP), Puan Dinaphia Yunan, SH. MH, tampak hadir mendampingi Dzaky dalam acara puncak pemilihan Duta Mahasiswa Anti Kekerasan tersebut.

Puan mengungkapkan bahwa keikutsertaan UMJ dalam Duta Mahasiswa Anti Kekerasan merupakan bentuk komitmen dalam mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan kekerasan di lingkungan kampus.

“Kami sangat bersyukur Dzaky, mahasiswa UMJ, menjadi juara favorit di ajang ini. Semoga ke depannya nanti UMJ dapat berpartisipasi dengan mengirimkan lebih banyak mahasiswa mengikuti ajang ini,” ungkap Puan.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/