Dosen FIP UMJ Kembangkan Model Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Betawi

Oleh :
Dinar Meidiana
Dosen FIP UMJ Kembangkan Model Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Betawi
Dr. Khaerunnisa, M.Pd., menerima ijazah dari Ketua Ujian Doktor Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus., di Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana UNJ, Senin (29/01/2024). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) Dr. Khaerunnisa, M.Pd., mengembangkan model bahan ajar belajar Bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing dengan basis budaya betawi dalam bentuk multimedia interaktif.

Baca juga : Dosen FIP UMJ Raih Gelar Doktor Bidang Ilmu Pengetahuan Budaya

Bahan ajar itu merupakan hasil disertasinya untuk menyelesaikan program studi doktoral Linguistik Terapan di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Khaerunnisa melakukan penelitian bertajuk “Model Bahan Ajar BIPA Tingkat Dasar Bermuatan Budaya Betawi Melalui Multimedia Interaktif.”

Khaerunnisa menjelaskan bahwa pengembangan model bahan ajar ini menghasilkan aplikasi android pada gawai. Menurutnya, aplikasi itu sangat membantu mahasiswa asing yang merupakan generasi Z dalam belajar Bahasa Indonesia.

Dr. Khaerunnisa, M.Pd. (tengah), Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Dr. Azmi Al-Bahij, M.Si., dan segenap dosen FIP UMJ seusai Ujian Doktor di Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana UNJ, Senin (29/01/2024). (Foto : Alvin/KSU)

Model bahan ajar ini menghadirkan pengalaman belajar yang mendalam tentang budaya khas Jakarta. Dalam multimedia ini tersedia remakan audio dan gambar yang membantu pengguna untuk belajar Bahasa Indonesia sekaligus menambah wawasan budaya betawi.

Dari hasil uji kelayakan yang dikembangkan oleh ahli Bahasa Indonesia, ahli teknologi pendidikan, dan ahli media, disimpulkan bahwa bahan ajar tersebut dinyatakan baik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran BIPA pada level dasar.

Khaerunnisa resmi ditetapkan sebagai doktor bidang linguistik terapan dengan predikat sangat memuaskan. Sidang promosi doktor digelar di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Senin (29/01/2024). Kharunnisa berucap syukur karena telah menyelesaikan studi doktoral dan menambah jumlah doktor di UMJ. Ia berharap dapat bermanfaat bagi program studi, fakultas, dan universitas

Ia menuturkan bahwa penelitian ini melalui proses yang luar biasa, karena terkendala pandemi COVID-19. “Saat pandemi mahasiswa asing yang terlibat penelitian harus pulang ke negara asal jadi saya harus mencari kontak mereka satu per satu,” ungkapnya.

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., berkesempatan menyampaikan sambutan seusai pengukuhan. Hadi menyampaikan ucapan terima kasih pada UNJ sebagai mitra, dan selamat pada Khaerunnisa atas gelar doktor yang telah diraih.

Hadi menambahkan bahwa UMJ mewajibkan seluruh dosen untuk studi lanjut. “Alhamdulillah saat ini sebanyak 65% dosen di UMJ telah bergelar doktor. Mudah-mudahan semakin memperkuat bidang studi Bahasa Indonesia di UMJ karena banyak mahasiswa asing dari berbagai benua, terbanyak kawasan Timur Tengah,” ungkapnya.

Khaerunnisa menerima dikukuhkan dan menerima ijazah seusai mempertahankan disertasinya di hadapan promotor yaitu Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dan Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd., serta para penguji yaitu Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus., Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Prof. Fathiaty Murtadho, M.Pd., Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum., dan Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd.

Turut hadir Wakil Dekan III FIP UMJ Dr. Azmi Al Bahij, M.Si., Ketua Prodi dan segenap dosen di lingkungan FIP UMJ, serta kerabat dan keluarga.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/