UMJ Tambah Tiga Doktor Baru

Oleh :
Nadiva Rahma
Tiga Dosen UMJ Raih Gelar Doktor dari Dua Kampus yang Berbeda
Tiga Dosen UMJ Raih Gelar Doktor dari Dua Kampus yang Berbeda. Ir. Nelfiyanti., ST., M.Eng., Ph.D., (Kiri), Anwar Ilmar Ramadhan, Ph.D., (Tengah), dan Dr. Dr. H. Zainal Arif, MA., (Kanan)

Universitas Muhammadiyah Jakarta menambah jumlah doktor barunya. Mereka adalah Ir. Nelfiyanti., ST., M.Eng., Ph.D., (Dosen FT) Anwar Ilmar Ramadhan, Ph.D., (Dosen FT) dan Dr. Dr. H. Zainal Arif, MA., (Dosen FAI) resmi meraih gelar doktor setelah dilakukan sidang promosi terbuka dari dua kampus yang berbeda.

Baca juga : Wakil Dekan III FIP UMJ Raih Gelar Doktor

Ir. Nelfiyanti., ST., M.Eng., Ph.D., meraih gelar doktor pada bidang Manufaktur dan Ergonomi, melalui disertasi yang bertajuk Effect of Quick Response Manufacturing Towards Ergonomics in Automotive Assembly Line. Banyaknya pekerja perakitan di Indonesia dan Malaysia menggunakan manusia sebagai sumber tenaga utama untuk keberhasilan jalannya produksi. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap industri di Indonesia maupun Malaysia, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pekerja mengalami keluhan atau rasa sakit yang dirasakan selama proses kerja berlangsung karena proses kerja yang tidak ergonomi sehingga menyebabkan keterlambatan dalam pengerjaan suatu projek. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian disertasi Nelfi.

Anwar Ilmar Ramadhan, Ph.D., meraih gelar doktor pada bidang Nanofluida dan Heat Transfer melalui disertasi yang bertajuk Characterization, Experimental and Simulation of Heat Transfer Performance for Al203-Ti02-Si02 Ternary Nanofluid With Insert. Penelitian yang dilakukan merupakan penyempurnaan dari hasil penelitian yang telah dilakukan selama menempuh pendidikan di jenjang S1 dan S2.

Melalui karakterisasi, eksperimental, dan simulasi, Anwar berhasil membuat perbaruan nanofluida yang dapat digunakan di bidang industri, seperti radioator mobil atau masuk sebagai pendingin yang lainnya. Anwar juga berencana untuk mengembangkan penelitiannya melalui kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendingkan reator nuklir.

Ir. Nelfiyanti., ST., M.Eng., Ph.D., dan Anwar Ilmar Ramadhan, Ph.D., merupakan dosen Fakultas Teknik UMJ yang berhasil meraih gelar doktor di Universiti Malaysia Pahang dengan hasil yang memuaskan. Keduanya juga memperoleh bantuan beasiswa yang diperoleh dari UMP selama menempuh pendidikan pascasarjana.

Sementara Dosen Fakultas Agama Islam, Dr. Dr. H. Zainal Arif, MA., meraih gelar doktor pada bidang Ilmu Al-qur’an dan Tafsir di Universitas Perguruan Tinggi Ilmu Qur’an (PTIQ) yang merupakan gelar doktor kedua yang telah diraih. Melalui disertasi bertajuk E-Commerce dalam Prespektif Al-Qur’an dan Implementasi Serta Analisinya Pada Perekonomian di Era 4.0, Zainal menyimpulkan bahwa E-commerce berdasarkan prespektif Al-Qur’an tidak melarang kegiatan apapun yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi asal tetap berpedoman dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip yang telah digariskan Al-Qur’an dan Hadist.

Di tengah keadaannya yang sempat mengalami sakit selama beberapa bulan, Zainal tetap semangat hingga menyelesaikan gelar doktornya dengan hasil yang memuaskan. Dalam waktu dekat, ia juga berencana untuk pengajuan usulan kenaikan jabatan ke jenjang Guru Besar.

“Semoga ini dapat membuat kita menjadi lebih berkarya, mengabdi, dan tentu bisa lebih bermanfaat untuk pribadi dan masyarakat terutama agama,” tutur Zainal.

Hingga saat ini dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta yang telah meraih gelar doktor berjumlah 230 orang. Semoga kedepannya makin banyak lagi dosen yang meraih gelar doktor untuk UMJ menuju unggul.

Editor : Dian Fauzalia