Wakil Dekan III FIP UMJ Raih Gelar Doktor

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Sidang Terbuka Program Doktor
Sidang Terbuka Program Doktor Wakil Dekan III FIP UMJ, Dr. Azmi, M.Si. di Universitas Negeri Jakarta, Selasa, (29/08/2023).

Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ), Azmi Al-Bahij, M.Si., meraih gelar Doktor pada bidang Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Acara sidang terbuka program Doktor diadakan di UNJ, Selasa, (29/08/2023).

Baca Juga : Sekolah Pascasarjana UMJ Luluskan Doktor ke 47

Mengusung disertasi dengan judul Pengaruh Tanggung Jawab Pribadi dan Pengetahuan Mahasiswa tentang Konsep Energi Terhadap Perilaku Hemat Energi, penelitian dilakukan berdasarkan studi kasus terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UMJ. Permintaan energi akan berkembang seiring dengan bertambahnya penduduk dunia, seperti batubara, minyak, gas, hidro, nuklir, dan energi terbarukan.

Menurut Azmi, pada tahun 2035, Asia akan menjadi konsumen energi fosil utama di dunia, dengan batubara sebagai energi yang paling banyak dicari sejalan dengan kebutuhan listrik yang semakin pesat. “Bahkan, konsumsi minyak akan melesat dari 86 juta menjadi 100 juta barel per hari pada 2035,” ujar Azmi.

Dari hasil penelitiannya, Azmi mengemukakan bahwa penghematan listrik dapat dilakukan melalui pendekatan teknologi dan perilaku manusia. Dalam hal ini, mahasiswa sebagai generasi muda berperan penting untuk memahami konsep energi dan perilaku tanggung jawab hemat energi. Maka diperlukan tanggung jawab pribadi kuat juga pengetahuan energi yang tinggi, dan hal ini harus berjalan beriringan.

Peraihan gelar Doktor ini mendapat apresiasi dari Dekan FIP UMJ, Prof. Dr. Iswan, M.Si. Ia menghaturkan terima kasih kepada UNJ dan berharap UNJ dapat memberikan bimbingan dan arahan sekaligus yang berhubungan dengan regulasi.

“UMJ dan UNJ sejak dahulu memiliki ikatan batin, karena dulu mantan wakil rektor UMJ berasal dari UNJ, hingga sekarang banyak dosen FIP UMJ yang menempuh pendidikan lanjut di UNJ. Insyaallah lahirnya penambahan Doktor ini bisa menambah dan memperkuat program studi yang ada di UMJ,” tutur Iswan.

Dr. Azmi Al-Bahij, M.Si., ditetapkan sebagai lulusan Doktor ke-4966 di UNJ dengan predikat yang sangat memuaskan. Sidang Terbuka Promosi Doktor dihadiri oleh Prof. Dr. Wandani Rahayu, M.Si., (Ketua Sidang), Prof. Dr. I Made Putrawan dan beberapa penguji lain, Prof. Dr. Agung Purwanto, M.Si (Co-Promotor), Prof. Dr. Iswan, M.Si., keluarga, serta kerabat seperjuangan dosen FIP UMJ.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/