Dekan FT UMJ Buat Inovasi Buket Digital

Oleh :
Fazri Maulana
Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng saat Sidang Promosi Doktor Bidang Ilmu Teknik Kimia di Aula Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (06/01/2024). (Foto : Dok. FT UMJ)

Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ), Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng, mencetuskan inovasi buket digital. Inovasi ini digunakan sebagai alternatif dalam memberikan ucapan selamat yang sebelumnya dilakukan melalui karangan bunga, namun kini digantikan oleh buket digital yang memanfaatkan teknologi videotron outdoor.


Baca juga : FT UMJ Terima Hibah dari PT United Tractors

Irfan memunculkan ide ini saat menempuh Sidang Promosi Doktor Bidang Ilmu Teknik Kimia di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI), Depok, pada Sabtu (06/01/2024). Dia mengusulkan penggunaan buket digital dengan harapan dapat memodernisasi ucapan selamat, serta mengurangi limbah yang dihasilkan dari penggunaan karangan bunga.

“Kita mengetahui bahwa bahan baku karangan bunga terbuat dari styrofoam yang sulit didaur ulang dan menyebabkan limbah. Bayangkan jika berbagai ucapan selamat terus dikemas dalam bentuk karangan bunga, pasti akan memenuhi area dan menjadi sampah. Kondisi ini menjadi salah satu alasan lahirnya inovasi ini,” papar Irfan.

Selain itu, melalui inovasi ini Irfan juga ingin memberikan pengalaman yang berbeda dalam memberikan ucapan selamat. Pemanfaatan media video outdoor sebagai buket digital tentu menawarkan konsep yang unik dan inovatif. Dengan menghadirkan buket digital, FT UMJ berkomitmen untuk menggabungkan teknologi dan kreativitas dalam dunia pendidikan serta peduli terhadap lingkungan.

“Kami di Fakultas Teknik UMJ selalu berupaya menghadirkan inovasi teknologi sebagai opsi yang ramah lingkungan. Tentu kami ingin mengajak banyak orang untuk mencoba opsi yang kami tawarkan ini,” jelas Irfan saat dimintai keterangan melalui telepon pada Minggu (07/01/2024).

Untuk mengaktualisasi ide tersebut, Irfan membuat catatan khusus dalam undangan Sidang Promosi Doktornya, yaitu menghimbau teman dan kerabat menggunakan buket digital dalam memberikan ucapan selamat. Sebagai hasilnya, FT UMJ menerima 22 permintaan pembuatan buket digital dari berbagai pihak.

Buket Digital Ucapan Selamat atas sidang terbuka Dr. Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng.di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (06/01/2024).

Keuntungan yang diperoleh dari pemesanan pembuatan buket digital itu akan dialokasikan untuk Wakaf Funding For Student Financing (WF4SF) FT UMJ. WF4SF FT UMJ merupakan dana sosial berupa pinjaman tanpa bunga yang bersumber dari wakaf dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa guna mendukung kelancaran studi dan penyelesaian tugas akhir.

Irfan juga menjelaskan bahwa ia sedang merancang model bisnis buket digital ini agar dapat segera disebarkan kepada masyarakat umum. Tidak hanya itu, ia juga berharap FT UMJ segera memiliki videotron outdoor agar dapat mengelola program inovasi ini secara penuh.

“Kita harus memiliki kesepakatan dan nantinya akan menawarkannya secara luas kepada masyarakat. Itu adalah arah yang ingin kami capai. Saya juga mendapat banyak dukungan baik dari kalangan civitas akademika universitas dan fakultas,” tutup Irfan.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/