Pelepasan KKN Mahasiswa FIP UMJ ke Gunung Kidul

Oleh :
Dinar Meidiana
Dekan FIP UMJ Lepas Mahasiswa Peserta PLP KKN
Prof. Dr. Iswan, M.Si. (tengah), bersama mahasiswa PLP KKN Wonosobo sebelum keberangkatan di depan Auditorium FIP UMJ, Rabu (31/01/2024). (Foto : KSU/Fazri Maulana)

Mahasiswa peserta Program Lapangan Pendidikan (PLP) terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2023/2024 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) diberangkatkan menuju Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga : Siap Terjun Ke Masyarakat, 303 Mahasiswa FIP UMJ Ikuti Pembekalan PLP KKN

Sebanyak 102 mahasiswa dilepas secara resmi oleh Dekan FIP UMJ Prof. Dr. Iswan, M.Si., di depan Auditorium FIP UMJ, Rabu (31/01/2024) sore. Iswan menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh mahasiswa agar dapat menjaga nama baik keluarga dan almamater.

“Datang ke rumah orang harus sopan santun. Kalian adalah calon guru yang baik. Oleh karena itu, guru yang baik harus mampu melaksanakan kegiatan apapun melalui praktik yang baik. Proses itu Insyallah akan berbuah ketika nanti menjadi guru,” ungkap Iswan.

Prof. Dr. Iswan, M.Si. (tengah), bersama mahasiswa PLP KKN Gunung Kidul sebelum keberangkatan di depan Auditorium FIP UMJ, Rabu (31/01/2024). (Foto : KSU/Fazri Maulana)

Lebih lanjut, Iswan mengarahkan mahasiswa agar senantiasa berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk menyusun program, dan berkoordinasi dengan aparat setempat. Berdasarkan data yang didapat dari panitia pelaksana, PLP terintegrasi KKN itu diikuti total 303 mahasiswa yang terbagi ke dalam dua kategori daerah yaitu dalam kota dan luar kota.

Selain Gunung Kidul dan Wonosobo, sebagian mahasiswa lainnya mendapat lokasi PLP di daerah Sukabumi sebanyak 41 mahasiswa, dan daerah dalam kota sebanyak 187 mahasiswa. Para mahasiswa akan melaksanakan program selama dua bulan terhitung sejak Februari hingga Maret 2024 mendatang.

Salah satu mahasiswa peserta PLP terintegrasi KKN yaitu Nadiva Rahma mengungkapkan rasa senangnya karena mendapat kesempatan ditempatkan di Gunung Kidul tepatnya daerah Ponjong. Nadiva mengaku telah melakukan persiapan di antaranya mengikuti pembekalan yang digelar oleh panitia pelaksana.

“Selain KKN akan melaksanakan PLP yang kegiatannya adalah mengajar di sekolah. Kami sudah ikut pembekalan, diajarkan bagaimana menjadi seorang guru dan apa saja yang perlu dipersiapkan. Melalui program ini semoga saya dan teman-teman bisa belajar menjadi seorang guru dan bisa berinteraksi dengan baik dengan masyarakat di sana,” ungkap Nadiva sesaat sebelum berangkat.

Para mahasiswa berangkat menggunakan bis dan didampingi oleh Wakil Dekan III Dr. Azmi Al Bahij, M.Si., Ketua Program Studi dan segenap dosen di lingkungan FIP UMJ. Tampak para orang tua turut mengantarkan anak-anaknya. Tak sedikit orang tua yang merasa sedih melepas anaknya pergi untuk program PLP KKN selama dua bulan.

Editor : Dian Fauzalia