Kader IMM Tingkatkan Wawasan Politik Melalui Kegiatan Birokrasi Merah

Oleh :
Kontributor KSU
IMM FT UMJ
Peserta Birokrasi Merah seusai mengikuti rangkaian acara 24-26 Juli 2023 di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (PK IMM FT-UMJ) menyelenggarakan Birokrasi Merah atau Bimbingan Roda Aksi dan Literasi. Mengusung tema Revitalisasi Gerakan Politik IMM Demi Mewujudkan Nilai-Nilai Politik Untuk Indonesia Berkemajuan, acara diselenggarakan 24–26 Juli 2023 di Villa Pamentas, Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Baca juga : Tabligh Akbar IMM FT UMJ Bersama Kiai Cepu

Birokrasi Merah merupakan pendidikan yang ditujukan agar kader IMM dapat membuka wawasan terhadap nilai-nilai politik dalam kehidupan sehari-hari, terlebih dalam menghadapi agenda politik terdekat yaitu Pemilu 2024. Tidak hanya menyimak paparan dari narasumber, kegiatan juga menjadi wadah belajar para kader melalui diskusi.

Sebanyak 25 kader IMM yang berasal dari IMM daerah Jakarta, antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang menghadirkan narasumber di antaranya Rektor UMJ sekaligus Ketua Umum Kornas FOKAL IMM Dr. Ma’mun Murod, M.Si. Turut hadir narasumber lainnya yaitu Ketua Umum PC IMM Jakarta Pusat, Ketua Umum PC IMM Cirendeu, dan Ketua Umum PC IMM Malang Raya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Kornas Fokal IMM Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mejelaskan bagaimana posisi Muhammadiyah di ranah politik. “Muhammadiyah berpolitik tetapi tidak memiliki partai politik. IMM sendiri merupakan seperti anak kandung Muhammadiyah yang non political practice tetapi tidak anti politik. Politik tidak selamanya kotor atau buruk, bahkan politik hadir untuk menghadirkan kemaslahatan,” ungkapnya.

“Melalui kegiatan ini, saya harap kader IMM dapat terjun langsung di ranah politik, menjadi pemimpin berintegritas dan berkualitas dengan berkontribusi positif bagi masyarakat. Selain itu berkomitmen untuk menghadirkan nilai-nilai kemaslahatan,” ujar Arif, Ketua Pelaksana Birokrasi Merah.

Ketua Umum PK IMM FT UMJ Awang Ihsan Wishal mengungkapkan harapannya agar kader IMM yang telah mengikuti Birokrasi Merah memiliki daya kritis. “Kader diharapkan tumbuh menjadi pribadi yang kritis, khususnya pada setiap kejadian politik,” ujar Awang.

Ia juga menyampaikan pesan pada kader yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan dapat mencari kesempatan belajar di manapun. Hal ini ditegaskannya karena melihat gejolak politik yang patut menjadi dorongan untuk membangun kesadaran bersama terkait pentingnya literasi politik. “Birokrasi merah ada sebagai wadah untuk membentuk pribadi yang kritis akan setiap kebijakan,” ungkapnya.

Penulis : Muhammad Ziqri Nur Akbar (Mahasiswa Teknik Mesin FT-UMJ).
Editor : Dinar Meidiana