Indonesia Peringkat Kedua Terbanyak Kasus TBC, ASIK Jadi Solusi

Oleh :
Kevin Arami
Webinar Keperawatan Magister keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UMJ
Pelaksanaan Seminar Keperawatan di Aula Rufaidah FIK UMJ, Sabtu (15/07/2023).

Situasi TBC di Indonesia naik ke peringkat kedua dunia dengan beban kasus TBC terbanyak, setelah India. Hal tersebut disampaikan Dr. Astuti Yuni Nursasi, S.Kp., M.N. dalam Webinar Keperawatan Mahasiswa Magister FIK UMJ, Sabtu (15/07/2023).

Mahasiswa Magister Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UMJ selengarakan Webinar Keperawatan membahas penanganan dan menekan eliminasi penyakit Tuberkulosis (TBC/TB) dengan tema “Webinar Keperawatan : Penanganan TB dengan Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK)” yang dilaksanakan secara daring Via Zoom Meeting dan Live Streaming di kanal YouTube TV UMJ

Baca juga : Efisiensi Penggunaan EMR Pada Pelayanan Kesehatan di Era Digital

Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan I FIK UMJ Dr. Yani Sofiani, M.Kep., Sp.KMB., Keynote Speaker Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji ST. M.Si., Narasumber Departemen Keperawatan Komunitas FIK UI & RS UI Dr. Astuti Yuni Nursasi, S.Kp., M.N., Kaprodi S2 Keperawatan FIK UMJ & Ketua IPANI DKI Jakarta Dr. NyimasHeny Purwanti, M.Kep., Sp.Kep.An., Ketua DPP PPNI Dr. Harif Fadhillah, S.Kp., SH, M.Kep., MH.

Wakil Dekan I FIK UMJ Dr. Yani Sofiani, M.Kep. saat memberikan sambutan via zoom meeting, Sabtu (15/07/2023).

Dalam sambutannya Wakil Dekan I FIK UMJ Dr. Yani Sofiani, M.Kep. menyampaikan harapan dengan kegiatan ini mahasiswa bisa menyebarkan ilmu yang mereka ambil dari seminar ini dan disebar luaskan ke masyarakat. Serta dapat meningkatkan soft skill. Penanganan TB dengan aplikasi ASIK diharapkan bisa menurunkan kasus TB, karena penanganan TB tidak hanya sebentar dan memerlukan support yang baik dari tenaga perawat.  

Setelah itu Keynote Speaker Setiaji ST. M.Si memaparkan materi tentang peran Health Digital Application atau aplikasi Sehat Indonesiaku dalam program Eliminasi TB di Indonesia.

“ASIK adadalah aplikasi terpusat yang digunakan untuk input data Kesehatan. Adapun skema pelaporan TB dalam aplikasi ASIK mulai dari identifikasi kasus, konfirmasi kasus, dan investigasi kontak,” papar Setiaji.

Pada pemaparan materi oleh Dr. Astuti Yuni Nursasi, S.Kp. yang membahas tentang upaya promosi dan prevensi kesehatan terhadap penurunan kasus TB di Indonesia.

“Ada tiga level pencegahan terhadap TB yaitu pencegahan primer, sekunder, dan tersier. Selain itu, perawat pelaksana  memiliki peran yaitu meningkatkan penjaringan kasus/subjek TBC dan peran perawat pendidik mensosialisasikan TB mulai dari pencegahan, penularan, dan perawatan TB di masyarakat,” ungkap Astuti.

Selain itu, Kaprodi S2 Keperawatan FIK UMJ Dr. Nyimas Heny Purwanti, M.Kep., Sp.Kep.An. menyampaikan materi tentang pengetahuan ibu tentang TB dengan kepatuhan minum obat anti tuberkulosis pada anak.

“Upaya yang dapat kita lakukan kepada anak untuk menjaga adalah Vaksinasi BCG pada bayi yang baru lahir, pemberian asupan gizi seimbang untuk menjaga imunitas. Menjaga lingkungan sekitar yang harus terjaga dan sehat,” ungkap Heny.

“Penanganan TB pada anak memerlukan kerja sama antara orang tua dengan tenaga medis, dan tim perawatan kesehatan. Tujuannya adalah untuk mencapai kesembuhan yang optimal dan mencegah,” lanjut Heny.

Materi terakhir disampaikan oleh Dr. Harif Fadhillah, S.Kp., SH, M.Kep. membahas Peran manager keperawatan dalam menyukseskan eliminasi TB tahun 2030.

“Ada tiga peran manager keperawatan pertama, Peran interpersonal yaitu sebagai pemimpin yang dapat mempengaruhi tim perawat. Kedua, peran informasional menyampaikan informasi dan monitor yaitu tindakan melakukan observasi pada pasien atau perkembangan program. Ketiga, peran desicional yaitu penanganan masalah lalu memberikan solusi yang baik dalam ngatasi permasalahan dalam penganan eliminasi TBC atau dalam perawatan dan pengobatan di rumah sakit,” papar Harif.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/