284 Peserta Ikuti Turnamen Catur Piala Rektor UMJ

Oleh :
Irhamzah
Turnamen Catur Piala Rektor UMJ
pelaksanaan lomba catur di aula FEB pada (22/07/2023)

284 atlet catur dari berbagai daerah ikuti Turnamen Catur Piala Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berkerja sama dengan Komunitas Pecinta Catur Indonesia (KPCI) jelang peringatan Milad UMJ yang ke-68. Turnamen diselenggarakan di Aula Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) pada Sabtu (22/07/2023).

Baca juga : ASF Rektorat Juara Piala Rektor

Acara ini dihadiri oleh Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, S.Sos., M.Si dan Ketua Umum KPCI yang merupakan mantan anggota DPR Lulusan FISIP UMJ Dr. Muhammad Hatta Taliwang.

Dalam sambutannya, Dr. Ma’mun Murod menyampaikan rasa bangga dan bahagia karena antusiasme peserta yang luar biasa atas diselenggarakannya turnamen catur piala rektor. Lebih lanjut beliau menyampaikan harapannya agar lomba catur menjadi garapan serius untuk UMJ dan bisa menjadi acara resmi PERCASI.

Dalam sambutannya Ketua Umum KPCI menyampaikan bahwa olahraga catur sangat relevan dihadirkan di tengah-tengah mahasiswa karena catur merupakan olahraga yang melatih cara berpikir.

“Catur merupakan olahraga yang mengasah intelektual untuk berfikir strategis, taktis, teliti serta melatih kesabaran dalam setiap langkah. Catur mampu membangun cara berfikir mahasiswa yang logis dan belajar menjadi cermat sejalan dengan ilmu-ilmu yang diajarkan tentang logika agar terbangun logika yang sistematis dalam bersikap dan mengambil keputusan,” ujar Hatta.

Laode Rahman selaku Wasit Ketua menjelaskan bahwa lomba catur dimainkan dengan sistem Swiss yaitu tidak ada satu pun peserta yang dinyatakan gugur dengan totsl sembilan babak dan menghadapi lawan yang berbeda. Adapun waktu pikirnya adalah 10 menit ditambah waktu 5 detik disetiap langkah.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/