UMJ Terima Kunjungan Perwakilan ASEAN IPR

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Kunjungan ASEAN IPR ke UMJ
Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., (Kanan) menerima cinderamata dari Ketua Advisory Board ASEAN IPR Artauli RMP Tobing (kiri) di Ruang Rektor UMJ Lantai 2, Senin (12/06/2023).

Universitas Muhammadiyah Jakarta menerima kunjungan khusus Ketua Advisory Board ASEAN Institute For Peace And Reconciliation (IPR) di Gedung Rektorat UMJ, Senin, (12/06/2023). Kunjungan ini dilakukan untuk menindaklanjuti rencana kerja sama program University Tour.

Ketua Advisory Board ASEAN IPR, Artauli RMP Tobing, menjelaskan bahwa kegiatan University Tour diadakan untuk mengenalkan ASEAN IPR dan isu-isu prioritas yang menjadi kajian ASEAN IPR pada masyarakat Indonesia. UMJ akan menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang dikunjungi University Tour ASEAN IPR pada tahun 2023.

Baca juga : Kunjungan FAI UAD ke FAI UMJ Jelang Akreditasi

University Tour akan dilakukan dalam bentuk seminar yang dihadiri oleh beberapa pejabat dan duta besar negara anggota ASEAN. Selain itu, dosen UMJ juga akan terlibat sebagai narasumber dalam seminar University Tour. Artauli menerangkan bahwa mereka ingin melibatkan dosen UMJ sebagai narasumber karena UMJ kerap melakukan penelitian yang berkaitan dengan isu perdamaian.

Salah satu rangkaian acara seminar University Tour di antaranya membuka ruang diskusi bernama coaching clinic di mana mahasiswa akan dipertemukan dengan pejabat atau duta besar negara anggota ASEAN untuk mengkaji suatu isu. “Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa semester akhir ini untuk berkonsultasi mengenai topik penelitian,” ungkap Artauli saat dimintai keterangan seusai pertemuan dengan Rektor UMJ.

Advisory board berdiri sebagai bagian dari ASEAN IPR yang bertugas menjadi wadah untuk memberikan pengarahan tentang isu prioritas untuk dikaji. Tidak hanya Advisory Board, bagian lain dari ASEAN IPR yakni Governing Council bergerak untuk memberikan arahan terhadap suatu pekerjaan.

ASEAN IPR merupakan komunitas di bawah organisasi ASEAN yang dibentuk pada tahun 2011 oleh para Kepala Negara anggota ASEAN. Komunitas ini bertujuan untuk fokus mengkaji isu-isu konflik seperti pencegahan konflik, penyelesaian konflik, dan perdamaian (peace building).

Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., didampingi Kepala Kantor Sekretariat Universitas (KSU) Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., menyambut baik kunjungan ini. UMJ telah berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama baik regional maupun internasional. Sebelumnya University Tour kerap dilakukan secara hybrid dengan menyeluruh ke negara ASEAN. (MT/DN)

Editor : Tria Patrianti