Kunjungan FAI UAD ke FAI UMJ Jelang Akreditasi

Oleh :
Kevin Arami
Dekan FAI UMJ Dr. Sopa, M.Ag., beserta jajaran menerima kunjungan FAI UAD di Ruang Sidang Gedung FAI UMJ, Rabu (24/05/2023).

Prodi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) menerima kunjungan dari Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) hari Rabu (24/05/2023) di Ruang Sidang Fakultas Agama Islam UMJ.

Kedatangan rombongan disambut oleh Dekan FAI UMJ Dr. Sopa, M.Ag dan Pimpinan Fakultas Agama Islam UMJ. Tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan benchmarking pengelolaan prodi terkait usaha FAI UAD untuk menaikkan akreditasi.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami karena dipercaya sebagai salah satu lembaga benchmarking,” ujar Dr. Sopa, M.Ag. dalam sambutannya.

Sopa kemudian memaparkan visi dan misi, struktural, dan pengelolaan prodi di UMJ hingga proses tercapainya akreditasi unggul yang diberikan LAMEMBA.

Dr. Sopa, M.Ag., dan Dr. Nur Kholis, M.Ag
Dr. Sopa, M.Ag., dan Dr. Nur Kholis, M.Ag., seusai menandatangani lembar MoA di Ruang Sidang Gedung FAI UMJ, Rabu (24/05/2023).

Di kesempatan berikutnya Dekan FAI UAD, Dr. Nur Kholis, M.Ag., menjelaskan tentang sistem, prodi, jumlah mahasiswa, hingga seperti apa proses akreditasi di FAI UAD. Ditambahkannya bahwa kunjungan hari itu juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi.

“Pertama, kami datang untuk silaturahmi. Kedua, kami datang untuk belajar atas pengalaman Perbankan Syariah FAI UMJ yang telah mendapatkan akreditasi unggul, agar  kami yang masih berakreditasi B bisa mendapatkan nilai yang sama dengan FAI UMJ.  Kami datang ke sini untuk belajar dan mengambil manfaat bagi kita semua,” papar Nur Kholis.

Kunjungan akademik ini dilanjutkan dengan diskusi dan sharing, serta saling memaparkan bagaimana kedua perguruan tinggi ini mempunyai sistem yang berbeda dalam menjalankan dan mengelola program studi, struktural, hingga tenaga pendidik. Di penghujung acara FAI UMJ dan FAI UAD menandatangani MoA untuk kerja sama antara kedua belah pihak, dan diakhiri acara dilakukan foto bersama. (KV/KSU)

Editor : Tria Patrianti