PRIF 2023 Angkat Tema Peran Perempuan di bidang Olahraga

Oleh :
Kevin Arami
Peran Wanita dibidang olah raga
Puan Dinaphia, S.H., M.H. (Pojok Kiri), Riana Oktavia (Tengah), Rembulan Alya Kamilau (Pojok Kanan) saat Penyampaian Materi di Stadium Generale dengan tema “Hakikat dan Peran Wanita Untuk Membuka Ruang Berekspresi Dalam Bidang Olahraga” di Aula FH UMJ pada, Kamis (22/06/2023).

Pada bidang olahraga wanita dapat berperan membuka ruang untuk berekpresi. Sejauh ini, perempuan hanyalah objek pelengkap dalam bidang olahraga, misalnya dalam beberapa kasus olahraga profesional terbatas pada pemandu sorak atau sebagai media untuk promosi peralatan olahraga. Sehingga statusnya bukan sebagai pemain di bidang olahraga. Hal tersebut disampaikan oleh Puan Dinaphia, S.H., M.H dalam paparan materi Stadium Generale, Kamis (22/06/2023).

Studium Generale dalam rangka pembukaan Pekan Raya IMM FH (PRIF) mengangkat tema “Hakikat dan Peran Wanita Untuk Membuka Ruang Berekspresi Dalam Bidang Olaharaga” di Aula Fakultas Hukum (FH) UMJ yang dihadiri oleh Perwakilan Pimpinan IMM Cabang Cirendeu Almer Adiyatma Rahimsyah, S.H., Ketua Umum IMM FH UMJ Firman Mahmudi, Ketua Pelaksana PRIF Tanjung Badai. Diisi oleh narasumber Dosen FH UMJ Puan Dinaphia, S.H., M.H., Atlet Bokator Putri Asean Games Kamboja 2023 Riana Oktavia.

Baca Juga : IMM FH Undang AKPI Bahas Pengadilan Niaga Perkara PKPU

PRIF merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh PK IMM FH UMJ yang diselenggarakan oleh Bidang Seni Budaya, dan Olahraga (SBO) serta berkolaboarsi dengan Bidang IMMawati, dilaksanakan dari tanggal 22 Juni-24 Juni 2023. Adapun cabang perlombaan yang diselenggarakan terbuka untuk umum adalah Futsal Putra & Putri, Badminton Putra & Putri, esport Mobile Legend, Debat, Cover Lagu, dan Lomba Make up.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum IMM FH UMJ Firman Mahmudi menyampaikan bahwa Stadium Generale ini mengangkat tema peran perempuan berperan di bidang olahraga. “Berbicara tentang olahraga maka identik dengan laki-laki, tetapi hari ini kita berikan ruang lebih keikutsertaan perempuan dengan menyiapkan cabang perlombaan khusus untuk perempuan,” ungkap Firman.

Perwakilan Pimpinan IMM Cabang Cirendeu Almer Adiyatma Rahimsyah, S.H. mengapresiasi terselenggaranya PRIF ini, “banyak fenomena di media sosial dan masyarakat misalnya tentang “Tukang nasi uduk cantik, tukang tahu gejrot cantik”, dari sini kita melihat ada stigma bahwa perempuan dipandang dengan parasnya. Tidak hanya parasnya, kita harus melihat bahwa perempuan juga dapat bereskpresi dalam berbagai bidang, terutama bidang olahraga,” ungkap Almer.

Selanjutnya narasumber Puan Dinaphia, S.H., M.H. dosen FH UMJ dalam paparannya berbicara tentang Manfaat Olahraga bagi Perempuan dan Peran Perempuan dalam Bidang Olahraga.

“Ajang olahraga merupakan suatu ajang untuk menunjukan kemampuan dalam berpikir, berorganisasi atau bekerja sama, untuk tubuh yang sehat dan berprestasi. Dengan olahraga dapat memperbaiki mood, menghilangkan stress, dan memperbaiki kualitas tidur”, papar Puan.

Lebih lanjut Puan sampaikan “Selain itu partisipasi wanita dalam dunia olahraga memang masih sangat rendah apabila dibandingkan dengan pria dan semua wanita memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh status tertentu di masyarakat”.

Selanjutnya Atlet Bokator Putri Asean Games Kamboja 2023 Riana Oktavia yang merupakan Mahasiswa FISIP UMJ yang juga sebagai Narasumber membagikan pengalamannya saat berproses menjadi Atlet dan memberikan paparan tentang bagaimana menjadi perempuan yang berprestasi.

“Awalnya mengikuti beladiri karena ekstra kurikuler di sekolah dan rutin latihan, fokus pada beladiri pencak silat hingga mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) sampai akhirnya bisa ikut kejuaran tingkat Asia, seperti Asean Games. Kita sebagai perempuan harus mempunyai harga diri dan bisa bersaing dengan laki-laki. Sebagai perempuan kita juga bisa mengembangkan hobi menjadi prestasi dan konsisten dalam olahraga,”ungkap Riana.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/