Warek IV UMJ Jadi Khatib Shalat Ied Adha 1444 H di Penjaringan Jakarta Utara

Oleh :
M Zulmi Wijiyanto
Salat Idul Adha 1444h Penjaringan jakarta utara
Jamaah saat menyimak khotbah Iduladha di Penjaringan Jakarta Utara, Rabu (28/6/2023).

Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH., menghadiri Shalat Ied Adha 1444 H yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Penjaringan dan DKM Masjid Al Hikmah di Pluit II Penjaringan Jakarta Utara, pada Rabu, (28/06/2023). Septa bertindak sebagai khatib dan menyampaikan khotbah bertema “Meneladani Nabi Ibrahim Khaliilullah: Membangun Umat yang Berkemajuan”.

Baca juga : Salat Idul Adha 1444 H, Jamaah Penuhi Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dalam khotbahnya, Septa mengajak jamaah untuk meneladani dan mencontoh akhlak Nabi Ibrahim AS tentang kepatuhannya kepada Allah SWT dan pengorbanannya serta kepemimpinannya, Nabi Ibrahim merupakan pemimpin visioner, yang mampu menerjemahkan cita-cita bangsa atau umat yang dipimpinnya.

Pemimpin tersebut memiliki kredibilitas, amanah terhadap rakyat serta memiliki bobot bermualamah dalam tata kehidupan sehari-hari. Olehnya, pemimpin dapat dikatakan tidak hanya mengandalkan retorika, namun perlu menunjukan bukti nyata di lapangan. Dengan kata lain, ciri pemimpin tidak hanya berorientasi pada kekuasaan. Menurut Septa, pemimpin sejatinya harus bermakna bukan pada saat memimpin, tapi di masa yang akan datang.

Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH, MH., saat memberikan khotbah di Penjaringan Jakarta Utara, Rabu (28/6/2023).

Lebih lanjut di akhir khutbahnya, Septa mengungkapkan transformasi nilai-nilai tauhid melalui semangat berkurban dan pengabdian yang bisa dibangun untuk menyuburkan rasa solidaritas terhadap saudara-saudara sebangsa untuk bersama-sama memajukan Indonesia guna mewujudkan umat Islam yang berkemajuan.  

Dikaitkan dengan harapan pemimpin ke depan, Septa berpesan agar dalam memilih pemimpin bangsa ke depannya setidaknya teladan dari nabi Ibrahim AS bisa menjadi tolak ukur guna menghasilkan pemimpin bangsa berlandaskan spiritualitas, mempunyai kecerdasan dan keberanian serta visioner yang mampu menerjemahkan cita-cita bangsa dan umat yang dipimpinnya.

“Alhamdulillah pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah yang dilaksanakan oleh PCM Penjaringan bekerjasama dengan DKM Masjid Al Hikmah berjalan dengan lancar dan sukses. Adapun penyembelihan hewan qurban akan dilaksanakan pada Kamis (29/06/2023) di Masjid Al Hikmah RW 08 Kelurahan Penjaringan. Tiga  ekor sapi dan tujuh  ekor kambing akan di distribusikan kepada masyarakat sekitar”, ungkap Lahudin, Ketua PCM Penjaringan.

Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Penjaringan, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda di lingkungan sekitar  mengikuti salat Idul Adha bersama sekitar 400-an jamaah lain.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/