Pameran Teknologi FT UMJ Ramaikan Hari Bermuhammadiyah V

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Pameran Teknologi FT UMJ Ramaikan Hari Bermuhammadiyah V

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) memperkenalkan pameran teknologi dari beberapa komunitas robot FT UMJ dan Himpunan Mahasiswa dalam acara Hari Bermuhammadiyah kelima. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Cendekia, Senin (08/05/2023).

Pada acara ini, sivitas akademika UMJ juga dapat melakukan konsultasi desain bangunan gratis dengan ahli desain bangunan yang merupakan dosen Prodi Teknik Arsitektur di Klinik Arsitektur UMJ. Dekan FT UMJ Irfan Purnawan S.T., M.Chem.Eng., mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena sudah diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah atas kegiatan Halah Bi Halal (HBH) dan HBM ke-5.

“Kami akan mengerahkan mahasiswa serta kemeriahan komunitas robot terbang indonesia, robotik, konsultasi desain, dan gokar pada kegiatan HBH dan HBM ini,” ujar Irfan.

Komunitas Robotika, Komunitas Robot Terbang Shankara Force, dan Gokar hasil karya Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin (HMM FT UMJ) disambut antusias dengan banyaknya mahasiswa yang memadati stand pameran.

Staff Departement Inventaris Komunitas Robotika (KR) Muhammad Rifqi menjelaskan pada pameran kali ini KR menampilkan tiga robot dengan fungsi yang berbeda yakni robot pemadam kebakaran yang berfungsi untuk mendeteksi titik panas kemunculan api, robot sumo, dan robot line follower yang berbentuk mobil balap kecil.

Masih dari komunitas robotik FT, Komunitas Robot Terbang Shankara Force menghadirkan empat model pesawat terbang di antaranya robot elang batavia dan rajawali batavia. Robot rajawali dapat mengangkat bobot sampai 8 Kg. Sementara robot elang adalah robot balap yang membutuhkan angin sebagai tenaga utama. Shankara Force pernah memenangkan juara harapan 2 pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2020 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Tidak hanya robot, pameran mobil balap Gokar hasil karya HMM FT UMJ juga turut mencuri perhatian. Anggota HMM FT UMJ Adams menuturkan Gokar atau mobil balap tanpa atap telah diproduksi oleh HMM pada tahun 2018. Mobil ini memiliki kecepatan hingga 150km dengan memakai pertamax turbo sebagai bahan bakarnya. Gokar milik HMM pernah memenangkan juara 4 pada kompetisi Circuit yang diadakan oleh Pemerintah Daerah (PEMDA) Cirebon tahun 2019.

Selain ketiga pameran di atas, rangkaian acara HBM ini juga disertai dengan Halal Bi Halal 1444 H untuk seluruh sivitas akademik UMJ, kemudian acara bazar baju murah, dan vidio booth 360 derajat. HBM V bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Teknik dengan hasil karya ilmiah dosen dan mahasiswa di dalamnya.

Editor : Tria Patrianti