Marwah Umat Islam dalam Film Buya Hamka

Oleh :
Qithfirul Fahmi
Film Buya Hamka
Pemeran film Buya Hamka bersama dengan Sekum PP Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti, M.Ed. (paling kiri), Dewan Pimpinan MUI Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A. (batik biru), Rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum. (tengah) dalam agenda Road Show Film Buya Hamka di FKIP UHAMKA, Sabtu (01/04/2023).

Film Biopik Buya Hamka akan ditayangkan serentak di seluruh bioskop pada 20 April 2023. Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. mengajak seluruh umat Islam khususnya warga Persyarikatan Muhammadiyah untuk menonton film tersebut karena menyangkut marwah umat Islam. Hal ini disampaikan Abdul Mu’ti pada Road Show Film Buya Hamka di Aula Ahmad Dahlan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Sabtu (01/04/2023).

“Saya mengajak untuk menonton film Buya Hamka karena ini tentang marwah umat Islam. Jika bukan kita yang menonton tokoh Islam seperti Buya Hamka, siapa lagi yang akan menjadi cerminan kita. Melihat trailer film ini dari volume I, II, dan III, saya sudah terbawa oleh suasana Buya yang hadir utuh sebagai manusia dengan latar belakang dan perjalanan hidupnya,” jelas Mu’ti.

Baca juga : UMJ Cinema Resmi Dibuka dengan Tayangan Kisah Dua Ulama

Dalam Road Show Film Buya Hamka tersebut terdapat rangkaian diskusi dan taaruf artis. Sang Sutradara Fajar Bustomi menjelaskan bahwa Buya Hamka merupakan sosok besar, sosok yang luar biasa, sehingga ini menjadi tanggung jawab yang besar juga baginya, namun ia tetap bersyukur karena mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi film Buya Hamka.

Fajar menyatakan membuat skenario film Buya Hamka telah menghabiskan waktu kurang lebih empat tahun dari 2014 – 2018. Skenario tersebut ditulis dengan teliti dan jelas, karena berkaitan sosok Buya Hamka yang rahmatan lil alamin dan berkaitan dengan agama Islam seperti penggunaan ayat suci Al-Qur’an dalam dialog. Ia berharap dengan hadir dan menonton film Buya Hamka di bioskop dapat menjadi refrensi positif yang nantinya berdampak kepada negara, yang semakin damai karena nilai-nilai Buya Hamka dapat menjadi inspiratif sebagai gagasan yang baik untuk Indonesia.

Pemeran Buya Hamka Vino G Bastian mengungkapkan kerisauannya untuk memulai dari mana meriset pribadi Buya Hamka agar perannya totalitas. Namun ia berhasil menemukan titik untuk mempelajari dan meriset tokoh Buya Hamka dari bukunya yang berjudul Akhlakul Karimah. Dalam buku tersebut, Vino mendapatkan jawabannya yaitu dimulai dengan memperbaiki akhlak pribadinya.

Lebih lanjut, sosok Buya Hamka, menurut Vino memiliki tempat tersendiri dalam kehidupan keluarganya. Ia menuturkan bahwa dakwah dan pemikiran Buya Hamka harus disampaikan ke generasi selanjutnya, jadi bukan orang terdahulu saja.

Anak kelima Buya Hamka Azizah Hamka sangat terharu melihat dan mengingat sesosok ayahnya usai menonton film Buya Hamka volume I. Ia mengatakan akting Vino sangat bagus dan seakan-akan melihat kembali sosok ayah dan kenangannya.

Film buya hamka
Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (batik merah) saat menghadiri Road Show Film Buya Hamka di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHAMKA, Sabtu (01/04/2023).

Selain Vino, sejumlah pemeran film papan atas Indonesia ikut terlibat pada film Buya Hamka. Mulai dari Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Alfie Afandi, dan masih banyak lagi. Dengan durasi tujuh jam, film ini akan terdiri dari tiga volume yang rencananya akan rilis semuanya sepanjang 2023 pada Idulfitri, Iduladha, dan satu Muharram.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod, M.Si. yang hadir pada acara road show film Buya Hamka, memberikan pandangannya bahwa Buya Hamka bukan hanya ahli agama tetapi paham politik dan terlibat di dalamnya, serta seorang budayawan dan sastrawan terbaik. “Saya berharap seluruh warga persyarikatan Muhammadiyah dapat menonton film ini. Bukan karena target rating penonton tetapi untuk hayatilah filmnya yang menggambarkan watak sesungguhnya Buya Hamka. Pemeran film ini pun adalah aktor dan aktris papan atas semua,” tutup Ma’mun. (QF/KSU)

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/