Jamaah Salat Idul Fitri 1444 H Padati  Plaza UMJ

Oleh :
Dinar Meidiana
salat idul fitri umj 1444 h
Salat Idul Fitri 1444 H di Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jumat (21/04/2023).

Kurang lebih seribu jamaah salat Idul Fitri 1444 H memadati Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jumat (21/04/2023). Barisan jamaah tampak berjajar dari samping gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis hingga ke halaman depan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Salat Idul Fitri yang difasilitasi oleh Dewan Kemakmuran Masjid At-Taqwa UMJ itu menghadirkan Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Dr. KH. Endang Mintarja, MA, selaku imam sekaligus khatib. Dalam khutbahnya, Endang menyampaikan lima karakter untuk mencapai takwa sebagaimana tujuan puasa Ramadan yang termaktub dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183.

salat idul fitri umj 1444 h
Salat Idul Fitri 1444 H di Plaza Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Jumat (21/04/2023).

Endang menuturkan bahwa tidak mudah mencapai maqam takwa, bagaikan menapaki jalan terjal dan penuh rintangan. Untuk memahami dan mendapatkan makna takwa yang cukup komprehensif, Endang menjelaskan berdasarkan Q.S, Al-Hajj ayat 78. Dari ayat tersebut, terdapat lima karakter orang yang mencapai maqam takwa.

Pertama, mentalitas jihad atau mujahadah ysng secara umum pengertiannya bermuara pada upaya total dan keberanian menanggung pengorbanan untuk menggapai kenikmatan yang lebih besar di masa yang akan datang.

Kedua, moderat  dan proporsional dalam menjalankan agama sebagaimana tuntunan Rasulullah SAW. karena Islam adalah ajaran yang tidak menyulitkan dan tidak pula kaku.

Ketiga, sikap tunduk, patuh dan pasrah pada ketentuan Allah SWT, tidak hanya kesalehan ritual tapi juga amal sosial dan memahami serta hormat pada ketentuan universal yang telah Allah tetapkan.

Keempat, menjadi tauladan bagi umat lainnya. Umat Islam harus menjadikan Nabi Muhammad sebagai tauladan kemudian menjadi tauladan bagi yang lainnya.

Kelima, keseimbangan amal ritual dan amal sosial.

“Jika kita mampu menjadikan kelima karakter tersebut di atas sebagai identitas pribadi yang benar-benar melekat pada diri kita, maka sebagaimana dinyatakan Al-‘Allaamah Thabathaba’i dalam tafsirnya, kita benar-benar telah dipilih sebagai orang yang betul-betul mengarahkan hidupnya hanya kepad Allah SWT semata,” kata Endang.

Rangkaian salat Idul Fitri ditutup dengan doa yang juga dipimpin oleh Dr. KH. Endang Mintarja, MA. Seluruh jamaah yang merupakan sivitas akademika UMJ dan warga sekitar Tangerang Selatan saling bersalaman sebelum meninggalkan Plaza UMJ. (DN/KSU)

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/