LPPM Gelar Workshop Proposal Penelitian Dosen

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Prof. Dr. Saryono, M.Si saat menyampaikan materi, kamis (16/02/2023).

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMJ menggelar lokakarya (workshop) bagi Dosen UMJ secara daring dengan tema “Strategi Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Kompetitif Nasional Pendanaan 2023”, Kamis (16/02/2023). Pada kegiatan ini, dilaksanakan pula pre launching Pameran Virtual Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UMJ 2023.

Baca juga : LPPM UMJ Gelar Workshop Klinik Proposal Matching Fund Kedaireka 2023

Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., secara resmi membuka lokakarya yang dihadiri oleh 85 dosen UMJ ini. Dalam sambutannya, Hadi menyampaikan harapan kepada para dosen agar semakin meningkatkan penelitian dan produk karya ilmiah. Dijelaskan Hadi, pihak universitas pada tahun ini meningkatkan anggaran penelitian demi terciptanya arah pencapaian visi dan misi UMJ untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul, modern, dan islami.   

Pembukaan workshop LPPM oleh wakil rektor 1, Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep., Kamis (16/2)

LPPM UMJ menghadirkan dosen Universitas Riau, Prof. Dr. Saryono, M.Si sebagai narasumber yang memaparkan tentang teknik penulisan proposal penelitian kompetitif. Saryono menuturkan di tahun 2023 telah terjadi peta perubahan yang cukup signifikan di kementerian dalam hal skema-skema penelitian.

“Kita selaku peneliti harus menyesuaikan dengan kebijakan dan arah penelitian yang ada sehingga dosen-dosen di Indonesia dapat berkontribusi dalam melaksanakan program penelitian yang sudah ditulis pemerintah. Tidak hanya itu, pendanaan penelitian sekarang lebih banyak sehingga proposal penelitian semestinya dapat menggambarkan ‘state of the art’ yang jelas agar urgensi dan orisinil atas penelitian lebih kelihatan memiliki nilai lebih dari usulan lainnya,” ujar Saryono.

Ketua LPPM UMJ Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, S.T., M.Si., sekaligus narasumber mengajak seluruh dosen UMJ untuk bergerak bersama LPPM dalam mensukseskan penelitian-penelitian. Dengan adanya tawaran penulisan paten, dan penawaran penulisan jurnal nasional dari Q1 sampai Q4, serta dukungan penuh dari rektor dan para jajarannya. Yuni berharap para dosen dapat berpartisipasi dengan persiapan matang.

Selain bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait strategi penyusunan proposal, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan informasi atas launchingnya penelitian internal yang akan diselenggarakan pada Maret 2023 mendatang. (MT/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/