Dosen FKK UMJ Raih Gelar Doktor di Unpad Dengan Predikat Pujian

Oleh :
Mamay Nurbayani
Dr. Hirfa Turrahmi, SST., M.KM., bersama para tim penguji dan promoto, di Aula Boesoirie Lantai 6 Gedung Pamitran Unpad, Rabu (11/12).

Dosen Program Studi Kebidanan Fakultas Kesehatan dan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKK UMJ) Hirfa Turrahmi, SST., M.KM., meraih gelar doktor dalam ilmu kedokteran pada Universitas Padjajaran  dengan predikat pujian. Sidang promosi doktor dilakukan di Aula Chasan Boesoirie Lantai 6, Gedung Pamitran Unpad, Rabu (11/01).

Sidang promosi doktor dipimpin oleh Prof. Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., SpOG(K)., sebagai ketua sidang bersama Prof. Dr. Dwi Prasetyo, dr., SpA(K)., M.Kes., (Representasi Guru Besar), tim promotor yang berjumlah 3 orang dan tim penelaahan/penguji 4 orang yang salah satu merupakan dosen Program Studi Gizi UMJ Dr. Tria Astika Endah Permatasari, SKM., M.KM. Tim sidang promosi doktor turut mempertanyakan hal yang berkaitan tentang teknis penelitian, penulisan dan hasil.

Turut hadir dalam sidang promosi Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (Rektor UMJ), Dr. dr. H. Muhammad Fachri, Sp.P.,FAPSR.,FISR (Dekan FKK UMJ), Dr. Fatimah, S.ST., M.KM. (Wadek II FKK UMJ), Dr. dr. Atthoriq Wahab, MPH. (Wadek III FKK UMJ), Hamidah, AM.Kep.S.ST., M.KM. (Kaprodi Sarjana Kebidanan), Elli Hidayati, S.ST., M.KM. (Kaprodi Profesi Bidan), serta dosen sarjana kebidanan dan dosen profesi bidan.

Preeklamsia dan Eklamsia yang memiliki dampak besar pada morbiditas dan mortalitas ibu hamil dan bayi baru lahir, menjadi latar belakang masalah pada Disertasi yang dibuat oleh Hirfa. Dengan judul “Model Prediksi Risiko Preeklamsia Komprehensif Pada Layanan Kesehatan Primer”, dosen kebidanan FKK UMJ ini melakukan penelitian di Puskesmas Jakarta Selatan dengan responden 167 ibu hamil kriteria inklusi usia kehamilan 13-16 minggu. Hirfa menjelaskan bahwa hasil penelitiannya mengungkapkan ibu hamil yang melakukan skrining pada awal kehamilan dengan faktor risiko usia, IMT (Indeks Masa Tubuh), kadar albinum serum, asupan porsi, makanan perhari yang mengandung protein hewan dan asupan sayur yang memdapat skor >9 beresiko mengalami preeklamsia 50,85 kali dibanding ibu hamil dengan angka kurang dari <9.

Atas keberhasilan penelitian tersebut, para tim penguji dan promotor memutuskan Hirfa berhak mendapatkan gelar doktor dalam Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Dr. Hirfa Turrahmi, S.ST., M.KM.) dengan predikat cumlaude/pujian.

Dr. Hirfa Turrahmi, SST., M.KM., saat ditetapkan menjadi doktor Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Gedung Pamitran Unpad, Rabu (11/01).

“Terimakasih kepada seluruh civitas akademika UMJ yang telah mendukung dan mengizinkan saya untuk menempuh pendidikan doktor di Universitas Padjajaran, semoga ilmu yang saya dapatkan dapat berguna untuk kepetingan umat,” Ujar Hirfa. (MN/KSU)

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/