FT UMJ Siap Gelar Seminar ICECREAM Ke-3

Oleh :
Nadiva Rahma
FT UMJ Siap Gelar Seminar ICE CREAM Ke-3
(Foto : Poster ICECREAM)

Fakultas Tekhnik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) akan menggelar International Conference on Engineering, Construction, Renewable Energy, and Advanced Materials (ICECREAM) ke- 3 bertajuk “Synergizing Sustainable Technologies Toward Risilient Future,” pada 30 April 2024 mendatang secara hybrid.

Baca juga : Tuntaskan MSIB, 72 Mahasiswa FT UMJ Gelar Webinar dan Workshop

Dampak pandemi COVID-19 menyebabkan dunia mengalami berbagai tantangan dengan perubahan teknologi yang masif. Adanya forum tersebut menjadi ajang untuk mengoptimalkan teknologi yang ada saat ini tanpa menghilangkan ruh-ruh engineering yakni sains dan teknologi.

“Kita punya bayangan bahwa untuk tahun 2024, 2025, dan 2026 polanya adalah mensinergikan dimulai dari perencanaan, melakukan implementasi, kemudian evaluasi dan peningkatan. Oleh karena itu tahun ini temanya Synergizing Sustainable Technologies Toward Risilient Future,” kata Ketua Pelaksana Seminar ICE CREAM, Renty Anugerah Mahaji Puteji., S.T., M.T.

Seminar kali ini akan digelar dengan menggandeng Fakultas Pertanian (FTan) UMJ. Renty menerangkan selain Fakultas Kedokteran, FTan UMJ merupakan salah satu fakultas yang memiliki irisan dengan FT UMJ salah satunya teknologi pangan. Dengan adanya kolaborasi dengan FTan UMJ ini diharapkan akan melahirkan topik-topik penelitian dengan lingkup area yang beragam.

Selain itu, seminar ini akan mewadahi publikasi hasil penelitian yang akan menjaring paper sebanyak-banyaknya dengan bidang yang relevan. Panitia pelaksana ICECREAM membuka pendaftaran hingga akhir Februari mendatang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada seminar kali ini, FT UMJ tidak hanya menggaet akademisi dan praktisi, tetapi juga di level pendidikan menengah dan pendidikan tinggi melalui lomba bagi mahasiswa dan siswa. Perlombaan yang diadakan ialah karya tulis ilmiah dan poster yang berkaitan dengan sains dan teknologi.

Prosiding dari Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SEMNASTEK) FT UMJ telah memiliki International Standard Serial Number (ISSN) dan berkelanjutan. Sementara untuk prosiding FTan UMJ direncanakan akan berkolaborasi dengan jurnal BASKARA.

Adapun seminar ini akan menghadirkan keynote speech yang berasal dari lima negara yakni Prof. Alberto (Univeristy of Manchester), Prof. Dr. Kubilay Kurtulus Bastas (Selcuk University Konya, Turkiye), DR. Ing Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A., (Vice Chairman Indonesian Engineers Association), Porf. Ir. Ts. Dr. Moh. Hazima Bin Wan Ibrahim (Universiti Tun Hussein Onn, Malaysia), dan Assoc. Porf. Dr. Eng. Muhammad Aziz (University of Toyo, Japan).  

Selain keynote speech, seminar ini juga akan menghadirkan co-host untuk membuka sesi invited speaker dari berbagi kampus-kampus di Indonesia. Ini menjadi salah satu jembatan bagi para dosen untuk melakukan rekognisi. Selain menambah jejaring, melalui invited speaker ini akan menjadi sarana untuk saling bertukar infromasi dan rekognisi.

Seminar ini merupakan kegiatan rutin yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh FT UMJ sejak tahun 2024 pada bulan Oktober dan November.

Editor : Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/