Rektor Lantik Dekan FKK UMJ Periode 2023-2027

Oleh :
Dinar Meidiana
Rektor Lantik Dekan FKK UMJ Periode 2023-2027
Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si.,(kanan) melantik Dekan FKK UMJ Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK., di Aula dr. Syafri Guricci, Rabu (20/12/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., melantik Dekan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) di Aula dr. Syafri Guricci, Rabu (20/12/2023). Berdasarkan SK Rektor No. 792 Tahun 2023, Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK., dilantik untuk periode 2023-2027.

Baca juga : Rektor Lantik Dekan FKM UMJ Periode 2023-2027

Prosesi pelantikan berlangsung khidmat, dr. Tri Ariguntar mengucapkan janji pelantikan disaksikan oleh Anggota Badan Pembina Harian (BPH) UMJ Drs. Ateng, Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, MH., Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, MH., Ketua Senat UMJ Prof. Dr. Masyitoh, M.Ag., dekan, wakil dekan dan dosen di lingkungan UMJ.

Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., menyampaikan bahwa ditetapkannya dr. Tri Ariguntar sebagai Dekan FKK UMJ masa jabatan 2023-2027 ialah melalui proses yang demokratis. “Saya pastikan prosesnya demokratis. Itu yang saya tekankan, semuanya selaras dengan aturan yang ada. Maka saya berani mengatakan prosesnya sangat demokratis,” ungkap Ma’mun.

Pada kesempatan itu, Ma’mun mengungkapkan rasa terima kasih pada dekan FKK UMJ dan jajaran periode sebelumnya karena telah bekerja sama dengan baik selama memimpin FKK UMJ. Ia juga menekankan target akreditasi Unggul yang akan diupayakan oleh FKK UMJ pada 2024 mendatang.

Kiri ke kanan, Dr. Muhammad Hadi, M.Kep., Dr. dr. Muhamamd Fahri, Sp.P., FAPSR., FISR., Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK., dan Drs. Ateng, seusai penandatanganan Berita Acara dala prosesi Pelantikan Dekan FKK UMJ Periode 2023-2027, di Aula dr. Syafri Guricci, Rabu (20/12/2023).

“Yang harus dikedepankan adalah target akreditasi Unggul. Insyallah, akreditasi FKK UMJ 2024 mendatang bisa meraih Unggul, apalagi dosen Lektor Kepala sudah banyak,” tegas Ma’mun. Selain itu ia juga berpesan agar FKK UMJ merumuskan strategi penerimaan mahasiswa baru.

Sementara itu Anggota BPH UMJ Drs. Ateng menyampaikan bahwa Dekan FKK UMJ memiliki dua amanah sekaligus. “Bicara Muhammadiyah tentu tidak bicara pribadi, maka ini terkait dengan misi Muhammadiyah. Maka amanah yang diberikan kepada Ibu Tri Ariguntar ini dalam pandangan saya ada dua,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan.

Pertama, amanah sebagai dekan untuk menyelenggarakan pendidikan di bidang kedokteran. Kedua, amanah sebagai dekan FKK di UMJ yang merupakan amal usaha Muhammadiyah. Sisi lain yang berkaitan amanahnya dengan misi Muhammadiyah. “Marilah kita bersama-sama melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya. Menjadikan UMJ ini sebagai alat dakwah,” pungkas Ateng menutup sambutan.

Dekan FKK UMJ 2019-2023 Dr. dr. Muhammad Fahri, Sp.P., FAPSR., FISR., menyampaikan ucapan selamat bertugas pada Dr. dr. Tri Ariguntar Wikaning Tyas, Sp.PK. Fahri menerangkan bahwa FKK UMJ mengalami perkembangan yang baik, terutama dari aspek jabatan fungsional dosen dan program pengabdian kepada masyarakat.

Pencapaian membanggakan juga diraih yaitu Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) FKK UMJ yang meraih pengakuan internasional. “Semoga semua pencapaian FKK UMJ dapat menambah poin akreditasi seperti yang kita targetkan yaitu meraih Unggul,” ungkapnya.

Sebagaimana harapan kepemimpinan terdahulu, Tri Ariguntar mengajak pada seluruh sivitas akademika FKK UMJ agar senantiasa menjalin silaturahmi dan komunikasi dalam upaya meraih Unggul. “Mudah-mudahan saya dapat melaksanakan dan mengemban tugas. Saya mohon doa agar kami dapat menjadi pemimpin yang amanah,” ungkapnya.

Editor : Dian Fauzalia