Rektor UMJ : Mahasiswa Berperan Penting Suarakan Dampak Zakat

Oleh :
Fazri Maulana
Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si
Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si saat konferensi pers acara ICONZ Ke-7 di Aula KH. A. Azhar Basyir, Selasa (07/11/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Mahasiswa memiliki peran penting dalam menyuarakan dampak zakat terhadap masyarakat, salah satunya melalui keikutsertaan dalam Internasional Conference of Zakat (ICONZ).

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., dalam konferensi pers acara ICONZ Ke-7 di Aula KH. A. Azhar Basyir, Selasa (07/11/2023).

“Saya ingin mendorong mahasiswa yang datang dari berbagai Perguruan Tinggi ini agar setelah mengikuti kegiatan ini bisa menuangkan gagasannya, supaya memiliki dampak yang luas,” ujar Ma’mun.

Baca juga : Iconz Ke-7, Forum Akademik Terbesar

Ditambahkannya, peran tersebut bisa dilakukan dengan menuangkan gagasan melalui media sosial, pembuatan artikel, makalah, dan penelitian lainnya.

Dalam kesempatan ini, Ma’mun juga menilai masih banyak umat Islam yang belum memiliki kesadaran dalam membayar zakat. Oleh sebab itu perlu ada inovasi terhadap pengelolaan zakat.  Ma’mun meyakini gelaran ICONZ Ke-7 bisa memberikan terobosan baru dengan riset makalah yang diseminasikan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS),  Prof. (HC) Dr. H. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec., menjelaskan bahwa tingginya kesadaran masyarakat dalam membayar zakat itu berpengaruh terhadap pengelolaan zakat dalam membantu pengentasan masalah di masyarakat, termasuk misi yang ada dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Seminar internasional ini diharapkan dapat memberikan terobosan dan perhatian lebih masyarakat terhadap zakat.

“Pentingnya seminar ini bisa menggugah perhatian masyarakat agar bisa berdampak lebih besar kepada masyarakat,” ungkap Zainul.

Konferensi hari pertama melibatkan narasumber dari lembaga pemerintahan, yaitu Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat, S.IP., M.Si., Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Modernisasi Beragama Menko PMK, Prof. Warsito, S.Si, DEA, Ph.D., Deputi Makro Ekonomi Menko Perekonomian, Dr. Ferry Irawan, SE., M.SE., Dirjen Pembangunan Ekonomi dan Investasi Desa Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si., Staf Ahli Menteri PUPR Ir. K. M. Arsyad, M.Sc., Deputi Pembangunan Manusia, Sosial, dan Budaya BAPPENAS Drs. Amich Alhumami, MA., M.Ed., Ph.D., Deputi Kebijakan Pembangunan BRIN Dr. Mego Pinandito, Direktur OJK Nyimas Rohmah.

Konferensi berisi serangkaian kegiatan seminar yang akan diisi oleh akademisi, praktisi, dan pejabat pemerintah dari berbagai negara, di antaranya Indonesia, Malaysia, Nigeria, dan Amerika Serikat. Diketahui ICONZ ke-7 ini menjaring kurang lebih 1000 makalah dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dan lebih dari 100 makalah akan diseminasikan. Konferensi akan berlangsung selama dua hari hingga Rabu, 8 November 2023.

Editor : Tria Patrianti

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/