Gelar Rakerpim di UMJ, PWA DKI Jakarta Rumuskan Program Kerja

Oleh :
Nadiva Rahma
Gelar Rakerpim di UMJ, PWA DKI Jakarta Rumuskan Program Kerja
Kegiatan rapat kerja pimpinan (rakerpim) dan peneguhan ideologi Muhammadiyah dengan tema Kepemimpinan Perempuan Mencerahkan Peradaban Bangsa di Auditorium KH A Ahmad Basyir, Gedung Cendekia (25 – 26/11/2023). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DKI Jakarta periode 2022-2027, menggelar rapat kerja pimpinan (rakerpim) dan peneguhan ideologi Muhammadiyah dengan mengusung tema Kepemimpinan Perempuan Mencerahkan Peradaban Bangsa. Kegiatan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Jakarta sejak 25-26 November 2023, di Auditorium KH A Ahmad Basyir, Gedung Cendekia.

Baca juga : Pimpinan Wilayah Aisyiyah DKI Jakarta Gelar Pra Rakerwil

Wakil Rektor II UMJ yang juga menjabat sebagai ketua panitia penyelenggara, Dr. Ir. Mutmainah, M.Si. memberikan dukungan kepada PWA dengan memberikan fasilitasi rapat kerja pimpinan Aisyiyah yang dilaksanakan di UMJ, “UMJ sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah mempunyai peran dalam membantu semua organisasi Muhammadiyah, kali ini UMJ memfasilitasi Aisyiyah yang merupakan bagian dari organisasi Muhammadiyah untuk melaksanakan rapat kerja”, Ungkap Mutmainah, lebih lanjut Ia berharap acara dapat berjalan lancar dan menghasilkan capain bersama.

Mewakili Rektor UMJ, Wakil Rektor III UMJ, Dr. Rini Fatma Kartikasari, S.Ag., M.H., menyambut baik terselenggranya kegiatan ini. “Tentu Perguruan Tinggi membutuhkan Aisyiyah, karena selama ini memang UMJ sering berkolaborasi dengan Aisyiyah. Mudah-mudahan kedepan kita bisa terus bersinergi dan berkolaborasi sehingga kegiatan-kegiatan Aisyiyah juga bisa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah,” tutur Rini.

Dalam kesempatan ini, Ketua PWA DKI Jakarta, Dra. Elo Albugis, M.Ag., mengatakan, tema yang diusung pada raker kali ini sejalan dengan lima karakter Aisyiyah, yakni gerakan islam berkemajuan, gerakan perempuan berkemajuan, berbasis komunitas akar rumput , gerakan praksis amal usaha dan berwawasan kebangsaan dan kemanusiaan universal.

Rakerpim ini merupakan bentuk tindak lanjut dari hasil musyawarah Muhammadiyah dan Aisyiyah yang telah berlangsung di Surakarta pada November 2022. Terlaksananya musyawarah tersebut menjadi acuan bagi program kerja PWA diseluruh Indonesia khusunya DKI Jakarta yang akan dibahas dalam musyawarah wilayah. Kemudian turunan dari musyawarah wilayah se- DKI Jakarta menghasilkan tanfidz berupa program kerja organisasi dan program kerja Badan Pusat Perbantuan (BPP), dalam hal ini adalah majelis dan Lembaga.

Tak hanya itu, anggota majelis dan lembaga juga sebelumnya telah mengikuti rakernas yang dilaksanakan PWA di berbagi tempat.  Dengan demikian rakerpim ini akan menjadi ajang untuk mensinergikan program-program yang dihasilkan oleh musyawarah wilayah dan diterima oleh rakernas yang dilaksanakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Aisyiyah.

Elo berharap PWA DKI Jakarta dapat menyatukan barisan dan menguatkan kepemimpinan yang solid dalam mengimplementasikan program kerja yang akan didiskusikan. Disamping itu diharapkan dapat menciptakan kultur kepemimpinan yang transformatif.

“Kepemimpinan yang transformatif yaitu kepemimpinan yang dapat menggerakan, memberdayakan mencerahkan, dan memotivasi arah tujuan yang telah ditetapkan dengan cara memperjalas ragam tujuan dari masing-masing angggota dari PP Aisyiyah DKI Jakarta,” Jelas Elo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PP Aisyiyah yang juga menjabat sebagai Ketua Senat UMJ, Prof. Dr. Masyitoh Cusnan, M.Ag., memberi pemaparan terkait arah kebijakan program kerja Aisyiyah DKI Jakarta sekaligus membuka acara.

Selain rapat kerja, kegiatan turut diisi dengan tarjih peneguhan ideologi Muhammadiyah dan serangkaian kegiatan lainnya yang akan berlangsung selama dua hari. Turut hadir Pimpinan Pusat Aisyiyah, Ketua dan Anggota Majelis PP Aisyiyah dan Lembaga PP Aisyiyah.

Editor : Dian Fauzalia