Rektor UMJ Berikan Pemahaman Politik Bagi Kader Muhammadiyah Kota Malang

Oleh :
Dinar Meidiana
Rektor UMJ Berikan Pemahaman Politik Bagi Kader Muhammadiyah Kota Malang
Prof. Ma’mun Murod, M.Si., (kiri) dan Mohammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D., (tengah) dalam acara Dialog dan Sarasehan Kebangsaan, di Aula PDM Kota Malang, Sabtu (21/10/2023). (Foto : Dok.Pribadi)

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., memberikan pemahaman politik bagi kader Muhammadiyah Kota Malang, dalam acara Dialog dan Sarasehan Kebangsaan, di Aula Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Malang, Sabtu (21/10/2023).

Baca juga : Pengajian Fokal IMM Bahas Muhammadiyah dan Pemilu 2024

Pada kegiatan yang digelar oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDP

M) Kota Malang ini, Ma’mun menerangkan pentingnya menempatkan politik secara proporsional. Pendekatan yang digunakan adalah muamalah karena berkaitan dengan urusan kemasyarakatan.

Guru Besar Bidang Ilmu Politik ini menegaskan bahwa politik tidak dapat dipahami dengan pendekatan ibadah mahdhah yang sifatnya ritualistik karena akan sangat kaku. “Pendekatan muamalah penting dalam politik, sehingga fleksibel tanpa harus kehilangan makna dan nilai,” ungkapnya.

Sebanyak lebih dari 100 kader AMM menyimak dengan seksama diskusi yang juga menghadirkan Ketua Ombudsman RI Mohammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D. Turut hadir PDM dan PDA Kota Malang, Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Malang Dr. Nur Subeki, ST., MT., dan Anggota KPU Kota dan Kabupaten Malang.

Peserta kegiatan merupakan kader Muhammadiyah dan Aisyiyah dari tingkat daerah hingga ranting, Pemuda Muhammadiyah, KOKAM, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah.

Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si. (kedua dari kiri), barisan bawah, bersama kader yang tergabung dalam FOKAL IMM se-Malang Raya seusai konsolidasi, Minggu (22/10/2023).

Pada rangkaian agenda di Kota Malang, Ma’mun yang juga alumni IMM Malang berkesempatan berkumpul dengan Forum Komunikasi Alumni (FOKAL) IMM Kota Malang. Agenda tersebut merupakan Konsolidasi FOKAL IMM se-Malang Raya pada Minggu (22/10/2023).

Masih berkaitan dengan tahun politik, Ma’mun membahas perkembangan politik di Indonesia dan pengembangan masa depan FOKAL IMM. Pertemuan tersebut menjadi momen bagi alumni IMM Malang Raya untuk melakukan suksesi Pemilu 2024 mendatang, khususnya bagi kader IMM yang turut menjadi peserta sebagai caleg.

“Kami membahas hal-hal yang harus dilakukan FOKAL IMM dalam 5 tahun ke depan, termasuk kerja-kerja politik. Selain itu juga cara mensukseskan kader-kader IMM yang saat ini pada posisi sebagai calon legislatif. Targetnya kader-kader IMM duduk di DPR RI, DPRD Provinsi, Kota maupun Kabupaten,” pungkasnya.

Agenda lainnya yang dihadiri oleh Rektor UMJ di Malang ialah Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang IMM Malang Raya pada Sabtu (21/10/2023), dan Majelis Ahad Pagi KH. Ahmad Dahlan PDM Kota Batu, Minggu (22/10/2023).

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/