Mahasiswa UMJ Lolos Program Pendanaan Usaha Kemenpora 2023

Oleh :
Fazri Maulana
Mahasiswa UMJ Lolos Program Pendanaan Usaha Kemenpora 2023
Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Mahasiswa (PIBK) UMJ Dessy Iriani Putri, S.P., M.Si (tengah) bersama enam mahasiswa lolos program pendanaan dari Kemenpora 2023. (Foto : Dok.Pribadi)

Enam mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil lolos program Kuliah Kewirausahaan Pemuda (KKWP) Tahap III dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Nantinya, bersama 175 orang Wirausaha Pemuda Pemula (WMP) dari Perguruan Tinggi Indonesia akan mendapatkan program penandanaan melalui Kemenpora, Pegadaian, dan BRI.

Baca juga : Kelompok Usaha Mahasiswa UMJ Lolos Ajang KMI Expo dan Award 2023 di Bali

Mahasiswa UMJ tersebut membuat usaha dalam bentuk produk dan Jasa yakni Atikah Nur Azizah (FKM) membuat produk Coco Blast, Paldi Saepudin (FTan) menyediakan jasa penggemukan kambing, Naufal Hasan bersama Aldi Wahyudi Bolkiah (FISIP) juga menyediakan jasa supplyinaja, Muhammad Ardika Pangestu (FTan) produk olahan untuk Aqiqah, Abdul Hamid (FTan) membuat produk olahan tahu gejrot, dan Gilang Prasityo (FTan) olahan keripik singkong.

Peserta KKWP Kemenpora tahun 2023 ini diikuti mahasiswa dari berbagai universitas dan langsung dipilih oleh Kemenpora melalui proses seleksi yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama seleksi dimulai dengan gelaran kuliah umum pada 13 September 2023 diikuti oleh 250 Peserta. Kemudian, Tahap kedua, hanya sepuluh peserta yang bisa direkomendasikan oleh UMJ untuk melanjutkan tahap kedua proses wawancara. Dari sepuluh mahasiswa tersebut UMJ hanya enam mahasiswa yang lolos tahap ketiga dan mendapatkan bantuan permodalan usaha.

Tidak berhenti sampai di situ, mahasiswa yang dinyatakan sebagai penerima modal memamerkan produknya dalam Sosialisasi Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda, Hari Rabu hingga Jumat, di Aston Kartika Grogol Hotel dan Conference Center, Jakarta Barat (25-27/10/23), sekaligus menerima secara simbolis pendanaan modal usaha.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Mahasiswa (PIBK) UMJ Dessy Iriani Putri, S.P., M.Si mengatakan mereka yang terpilih merupakan mahasiswa yang memiliki kemauan tinggi dan bersedia menghadapi setiap tantangan dari tahapan seleksi. Ia juga berharap ke depan lebih banyak mahasiswa UMJ mengikuti kegiatan KKWP 2023 dan menjadi mahasiswa wirausaha.

“Untuk mengikuti program ini harus memiliki persiapan yang matang, mereka yang terpilih (enam mahasiswa) memang bersedia struggle menghadapi tantangan”, ungkap Dessy saat ditemu diruangannya Rabu, (25/10/23).

Dessy menambahkan bahwa PIBK akan selalu mendorong mahasiswa untuk menjadi wirausaha dan membantu mengembangkan usaha mahasiswa yang sudah berjalan.

Editor : Dian Fauzalia

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/