Ustaz Adi Hidayat : UMJ Kampus Pertama Luncurkan Program Tahfizh Internasional

Oleh :
Fazri Maulana
Foto Seusai peresmian peluncuran program tahfizh dan pendidikan mahasiswa Qur’ani dengan metode At-Taisir di Gedung Cendekia, Selasa (26/9/23).
Foto Seusai peresmian peluncuran program tahfizh dan pendidikan mahasiswa Qur’ani dengan metode At-Taisir di Gedung Cendekia, Selasa (26/9/23). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui Lembaga Pengkajian dan Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPP-AIK) bekerjasama dengan Quantum Akhyar Institute (QAI) melakukan peresmian peluncuran program tahfizh dan pendidikan mahasiswa Qur’ani dengan metode At-Taisir di Gedung Cendekia, Selasa (26/9/23).

Baca juga : UAH: Saya Putera dan Kader Asli Muhammadiyah

QAI adalah lembaga studi Islam dan pengembangan dakwah dibawah naungan Dr. (HC) Ustaz Adi Hidayat, Lc.,M.A. Program kerjasama ini nantinya akan melakukan pembinaan tahfizh kepada mahasiswa UMJ yang bertujuan untuk mencetak Hafiz dan Hafizah. UMJ sebagai kampus yang memiliki karakter Islami terus berupaya menjujung tinggi dan menerapkan ajaran-ajaran Islam.

UMJ menjadi kampus Islam pertama yang melakukan kerjasama dengan QAI dan dipandu langsung oleh Ustaz Adi Hidayat. UMJ memiliki target untuk bisa mencetak 1000 mahasiswa Hafiz dan Hafizah. Hal itu disampaikan oleh Ketua LPP-AIK UMJ, Drs. Fakhurozi, MA., saat memberikan sambutan peluncuran program tahfizh.

“Kita memiliki target untuk minimal seribu mahasiswa tahfizh pada tahun pertama ini. Bersama dengan tim Quantum Akhyar Institute (QIA) dipandu langsung oleh Ustaz Adi Hidayat, kami yakin bisa mengusahakan mencapai target tersebut dalam satu tahun,” pungkas Fakhurozi.

Lebih lanjut, Ia juga melaporkan bahwa dalam mencapai target LPP-AIK juga akan melibatkan mahasiswa UMJ untuk menjadi mentor dalam membantu program tahfizh dipandu langsung oleh tim QAI. LPP-AIK telah selesai melakukan proses rekrutmen dan melakukan proses pra-pelatihan.

Selanjutnya, LPP-AIK akan melanjutkan dengan proses pelatihan mentor. Terakhir, LPP-AIK melakukan tahap placement test untuk menyaring mahasiswa yang akan diikuti program tafizh. LPP-AIK juga melakukan program bina baca untuk seluruh mahasiswa baru yang belum lancar membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Siap Cetak Seribu Mahasiswa Hafizh, UMJ Luncurkan Program tahfizh
Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod, M.Si menandatangani Nota Kesepahaman dengan Pembina Quantum Akhyar Institute Dr. (HC) Adi Hidayat, Lc., M.A di dampingi oleh oleh Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.kp., M.Kep., dan Ketua LPP-AIK, Drs. Fakhurozi, MA., di Gedung Cendikia, Selasa (26/9/23).

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengenalkan bahwa Ustaz Adi Hidayat adalah doktor yang diberi gelar kehormatan oleh UMJ. Tentu, UMJ memiliki ikatan yang kuat dibanding dengan perguruan tinggi lainnya, terlihat dengan adanya program kerjasama ini.

Ma’mun juga berpesan bahwa kerja sama ini sudah dirancang dengan serius oleh LPP-AIK UMJ. Untuk itu, harus dimanfaatkan dengan menunjukan keseriusan dalam mengikuti program ini.

Kegiatan peluncuran dihadiri langsung oleh Dr. (HC) Adi Hidayat, Lc., M.A., Ia menyampaikan bahwa program tahfizh dan pendidikan mahasiswa Qur’ani dengan metode At-Taisir adalah program Internasional. Program ini akan mempertemukan para hafizh dari dua puluh negara dan berinteraksi secara global.  ”Terdiri dari para mahasiswa dan ilmuwan. Kabar baiknya adalah UMJ menjadi kampus pertama di Indonesia yang akan mengimplementasikan program ini,” ungkap Adi Hidayat.

Program ini akan mempelajari mengenal Al-Qur’an, belajar membaca, percepatan menghafal, dan memberikan kurikulum Al-Qur’an sesuai dengan program studi. Lebih lanjut, ia menggambarkan bagaimana keistimewaan dalam mempelajari dan menghafal Al-Qur’an. Hal itu didukung dengan riset terkini yang menunjukan dengan menghafal Al-Qur’an akan meningkatkan kecerdasan tiga kali lipat.

Terakhir, ia juga mengajak kepada mahasiswa untuk menunjukan dengan menjadi muslim yang baik dan ahli Qur’an ada karya-karya hebat yang dihasilkan dimulai dari Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Program tahfizh dan pendidikan mahasiswa Qur’ani dengan metode At-Taisir secara resmi diluncurkan dengan penandantanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama oleh Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., bersama Dr. (HC) Adi Hidayat, Lc.,M.A di dampingi oleh Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.kp., M.Kep., dan Ketua LPP-AIK, Drs. Fakhurozi, MA.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor II Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., serta perwakilan Dekan dari beberapa fakultas.

Editor : Dian Fauzalia