Pembukaan UKM Expo UMJ 2023 Digelar Secara Unik

Oleh :
Fazri Maulana
Pembukaan UKM Expo UMJ 2023 Digelar Secara Unik
Wakil Rektor IV UMJ, Dr. Septa Chandra, SH., MH (kiri) bersama Ketua Pelaksana PKKMB UMJ 2023, Ir. Harwidyo Eko, ST., MT (kanan) dan ketua lembaga UKM menunggangi kuda menuju tempat acara untuk melakukan pembukaan UKM Expo 2023, Selasa (19/9/23). (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Berbeda dari pertama, Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) hari kedua terdapat hal yang unik. Diikuti ribuan mahasiswa, Wakil Rektor IV UMJ, Dr. Septa Candra, SH., MH., bersama Ketua Pelaksana PKKMB UMJ 2023, Ir. Harwidyo Eko, ST., MT, dan ketua lembaga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menunggang kuda menuju Aula KH. A. Azhar Basyir untuk melakukan pembukaan UKM Expo 2023, Selasa (19/9/23).

Baca juga : Mahasiswa Baru 2023 Antusias Kenalan dengan UKM UMJ

Agenda kali ini digelar untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dikemas dalam UKM Expo 2023 bertajuk Kembangkan Diri Ukir Prestasi Bersama UMJ. Nantinya, Ribuan mahasiswa baru akan berkeliling kampus A untuk diperkenalkan UKM UMJ.

UKM Expo merupakan event tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan UKM yang ada di UMJ kepada seluruh mahasiswa, khususnya pada mahasiswa baru. Saat ini UMJ memiliki total 6 UKM yaitu Menwa (Resimen Mahasiswa), Mapala Stacia, Mapena, UKM Olahraga, Lembaga Budaya Kampus (LBK) Renaissance, Unit Dakwah Kampus (UDK) At-Tanwir, serta 4 komunitas yaitu Foreign Language Community (FLC), Korps Protokoler Mahasiswa (KPM), Disabled Care Community (DCC), dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM). Keseluruhan UKM tersebut berada di bawah naungan Wakil Rektor IV UMJ Bidang Kemahasiswaan, Dr. Septa Chandra, SH., MH.

Pembukaan UKM Expo 2023 "Kembangkan Diri Ukir Prestasi Bersama UMJ di Aula KH. A. Azhar , Selasa (19/9/23). Selasa (19/9/23)
Pembukaan UKM Expo 2023 “Kembangkan Diri Ukir Prestasi Bersama UMJ di Aula KH. A. Azhar , Selasa (19/9/23). Selasa (19/9/23)

Dalam sambutannya, Septa Candra menganalogikan UMJ sebagai rumah ke dua, selayaknya Tuan di rumah sendiri, mahasiswa harus aktif tidak boleh bersikap seperti tamu “Dengan kemarin disematkannya jas almamater, kalian sudah resmi menjadi bagian dari keluarga besar UMJ. Selama 4 tahun ke depan kalian akan menjalani kehidupan disini. Oleh karena itu kalian harus aktif. Jika, menjadi mahasiswa hanya kupu-kupu (kuliah pulang, kuliah pulang) kalian masih menjadi tamu, belum menjadi Tuan” ungkap Septa.

Lebih lanjut, Septa menegaskan bahwa mahasiswa harus aktif sehingga nanti tidak jenuh, karena hanya disibukan oleh persoalan akademik. “Ketika ke kampus malas, karena yang diingat hanya persoalan tugas kuliah saja. Tetapi jika menjadi mahasiswa penuh dengan kegiatan kampus, selain kuliah. Maka kalian akan senang hati jika berada di kampus,” tegas Septa.

Selaras dengan hal itu, Farhan Ketua UKM Expo 2023 mengajak mahasiswa untuk bisa mengembangkan minat dan bakat di UKM UMJ. “Saya berharap setelah mengikuti UKM UMJ Expo 2023, kalian dapat menentukan pilihan sesuai dengan minat dan bakat,” pungkas Farhan.

Acara UKM Expo dibuka langsung oleh Septa Candra dengan pemukulan gong secara simbolis di hadapan seluruh mahasiswa baru UMJ. Usai acara diresmikan, panitia mengajak seluruh peserta PKKMB untuk berkeliling stand UKM yang telah disiapkan dengan kegiatannya berupa penyajian pertunjukan, alat, dan penjelasan dari anggota UKM secara langsung.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/