FTan UMJ Ajak MABA Menanam Caisim Dengan Sistem Hidroponik

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
PKKMB fakultas pertanian UMJ
BEM FTan UMJ memperkenalkan Proses praktik hidroponik kepada Maba dalam rangka PKKMB UMJ tingkat fakultas, Kamis, (21/09/2023) (Foto : KSU/Alvin Lazuardy)

Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (FTan UMJ) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tingkat fakultas. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTan memperkenalkan budidaya menanam hidroponik kepada mahasiswa baru (maba) sebagai program utama PKKMB. Kegiatan ini dilakukan di kebun hidroponik FTan UMJ, Kamis (21/09/2023).

Baca juga : FTAN UMJ Panen Sayur Caisim

Wakil Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTan, Novanto menjelaskan PKKMB FTan tahun ini mengusung kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu menanam hidroponik, akoponik, dan pembuatan pupuk organik cair. Hidroponik merupakan program baru yang dilaunching oleh Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., untuk memperkenalkan maba mengenai proses pembudidayaan di lahan hidroponik.

“Kita juga melakukan kegiatan praktek pembuatan Pupuk organik cair (poc) untuk teman-teman agroteknologi agar mahasiswa pertanian bisa mereformulasi organik menjadi sebuah inovasi baru bagi pertanian di Indonesia. Nantinya, teman-teman mahasiswa baru turut andil menanam satu benih,” ujar Novanto.

Membuat poc membutuhkan bahan-bahan pendukung diantaranya sisa sayuran seperti wortel, kulit jagung, daun salam, lalu EM4, air gula, dan air. Proses ini terdiri dari beberapa tahap. Selain mengajarkan pembuatan poc, para mahasiswa FTan juga menerangkan penanaman bayam, pakcoy, dan kangkung.

Novanto berharap dengan adanya program ini dapat menunjang keilmuan mahasiswa baru di mana para mahasiswa baru harus bisa mentransformasikan ilmunya untuk pertanian ke depan. “Semoga apa yang didapatkan bisa membawa perubahan dan kemajuan bagi pertanian Indonesia ke depan,” ungkap Novanto. (MT/NV/KSU).

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/