PKKMB Fakultas Digelar Secara Serentak

Oleh :
Fazri Maulana
PKKMB Fakultas UMJ
PKKMB Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) hari keempat yang diselenggarakan di setiap fakultas, Kamis (21/09/2023).(Foto : KSU UMJ)

Penyelenggaraan PKKMB Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) hari keempat, digelar secara serentak dengan digawangi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di setiap fakultas, Kamis (21/09/2023). Berbeda dengan PKKMB hari sebelumnya, mahasiswa baru dikenalkan dengan lembaga mahasiswa di lingkungan fakultas mulai dari BEM, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan mahasiswa, dan Lembaga Semi Ortonom (LSO).

Baca juga : FIK dan FT Ikut Meriahkan Masa Ta’aruf Mahasiswa

Rangkaian acara dimulai dengan perkenalan kehidupan fakultas, seperti pimpinan, program studi, kegiatan akademik, kegiatan mahasiswa, serta lembaga kemahasiswaan. Masing-masing Fakultas mengemas acara perkenalan dengan berbagai acara yang unik seperti menampilkan piala penghargaan, prestasi, dan hasil karya selama berkegiatan di lembaga.

Salah satu yang menarik perhatian yaitu perkenalan 5s (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) sebagai karakteristik untuk mahasiswa baru oleh Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UMJ. Tidak hanya itu, Fakultas Pertanian (FTan) juga memberikan program untuk mahasiswa baru berupa praktek hidroponik. Kegiatan PKKMB fakultas juga menjadi daya tarik untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga anggota aktif dari kelembagaan Fakultas. Para pelaku usaha tersebut menjual berbagai macam aneka makanan dan minuman.

Beberapa fakultas juga menghadirkan tokoh dan influencer yang memberikan motivasi bagi mahasiswa baru untuk memulai dunia perkuliahan. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UMJ menghadirkan Sheryl Annavita yaitu seorang motivator muda. Adapun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMJ menghadirkan Haris Azhar yaitu seorang aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Fakultas Hukum (FH) menghadirkan dua Hakim aktif, Wahiduddin Adams (Makamah Konstitusi) dan Marta Satria Putra (Makamah Agung).

Fakultas mengenalkan lembaga mahasiswa, mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat fakultas, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) tingkat fakultas, himpunan di setiap program studi, dan Lembaga Semi Ortonom (LSO). Adapun LSO di setiap fakultas memiliki ragam yang berbeda, mulai dari sosial, seni, musik, kesehatan, olahraga, fotografi, dan lainnya disesuaikan dengan minat mahasiswa.

Dalam sesi lain, Aan Saputra mahasiswa baru asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dari program studi Ilmu Politik menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa baru adalah hal yang menyenangkan. Terlebih lagi, acara yang sudah digelar sejak Senin dikemas secara menarik, baik dari Universitas maupun Fakultas.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan hari ini perkenalanan kelembagaan mahasiswa menambah minatnya untuk aktif beroganisasi. Tidak berhenti sampai disitu, ia mengajak mahasiswa sebagai Agen Perubahan ikut andil dalam berorganisasi.

“Acara PKKMB hari ini menambah minat saya dalam berorganisasi. Karena, dikelembagaan nantinya saya bisa menambah wawasan. Untuk teman-teman semua yang masih ragu dalam berorganisasi, ayo kita sama-sama aktif dalam kelembagaan. Sebagai anak muda yang menjadi agen perubahan kita pasti dapat belajar banyak di kelembagaan,” pungkas Aan saat ditemui disela-sela wawancara.

PKKMB UMJ akan diakhiri dengan acara Masa Ta’aruf (MASTA) mahasiswa baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Jumat (22/9/23) di masing-masing Komisariat Fakultas. (FZ/MT/KSU).

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/