Warek IV UMJ: IMM Perlu Jadi Center Of Excellence

Oleh :
M Zulmi Wijiyanto
Sambutan, Dr. Septa Candra, S.H,M.H., acara PIN PC IMM Cireundeu di Auditorium Kasman Singodimedjo pada, Kamis (10/8/2023).

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah perlu menjadi center of excellence yang melahirkan intelektual muda. Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Dr. Septa Candra, S.H,M.H., dalam pembukaan program Pendidikan Ideologi Ikatan Nasional, PC IMM Cireundeu, di Aula Kasman Singodimedjo, Kamis (10/8/2023).

Baca juga : Tabligh Akbar IMM FT UMJ Bersama Kiai Cepu

Dalam program yang mengusung tema Penguatan Ideologi IMM sebagai Sukma Mengepakan Sayap Dakwah Ikatan, Persyarikatan dan kebangsaan ini, Septa menegaskan organisasi Muhammadiyah memiliki ideologi yang perlu ditanamkan ke dalam diri setiap kader.

“IMM sebagai suatu ortom harus memiliki ideologi yang jelas di dalam menjalankan gerakan ataupun program-programnya. Tentu kata ideologi menjadi kata kunci karena ideologi sebagai sebuah ide dan nilai yang akan berkembang menjadi gagasan juga keyakinan yang ingin dicapai,” ujar Septa.

Lebih lanjut, Septa mengatakan melalui kegiatan pendidikan ideologi yang dilaksanakan selama empat hari, kader IMM harus melahirkan intelektual muda sebagaimana tema yang digagas. Terlebih, pergerakan IMM berada di dalam universitas yang telah melahirkan banyak intelektual muda.

Kiri ke kanan: Abdurrahman Wahid, M.Pd., Djoni Gunanto, M.Si., Asyraf Al Faruqi Tuhulele, S.Sos., Dr. Anwar Abbas, M.M., M.Ag., Dr. Septa Candra, S.H,M.H., Ari Aprian Harahap, S.Pd, di Auditorium Kasman Singodimedjo, Kamis (10/8/2023)

Pada kesempatan yang sama Ketua PP Muhammadiyah, Dr. Anwar Abbas, M.M., M.Ag., menyampaikan dalam sesi Stadium Generale bahwa mahasiswa sebagai generasi muda seharusnya mengembangkan skill dalam kehidupan. Terbentuknya sebuah skill tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan mental.

Hal ini akan membentuk pola pikir mahasiswa di mana mahasiswa tidak lagi berkeinginan menjadi pekerja melainkan pengusaha. Anwar Abbas dalam sambutannya juga mengutip salah satu pesan dari pengusaha ternama di Indonesia.

“Kalau anda ingin sukses coba kenali betul diri anda, anda senangnya apa. Bagaimana pun kalian semua akan menemui masa depan, di mana masa depan penuh rintangan. Menurut saya yang bisa survive di masa depan adalah mereka yang punya ilmu, iman, dan mengenal diri mereka sendiri,” ujar Anwar Abbas.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum DPD IMM DKI Jakarta Ari Aprian Harapan, S.Pd., dan Ketua PDM Jakarta Selatan Abdurrahman Wahid, M.Pd. Kegiatan PIN berlangsung selama empat hari mulai Kamis hingga Minggu, 10–13 Agustus 2023 di Training Center UMJ, dengan diikuti oleh 25 peserta dari Cabang Se-DKI Jakarta.

Editor : Dinar Meidiana