Prodi Magister Studi Islam UMJ Raih Akreditasi Unggul

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Prodi Magister Studi Islam raih akreditasi unggul
Prodi Magister Studi Islam raih akreditasi unggul

Program Studi Magister Studi Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta (FAI UMJ) telah memperoleh akreditasi Unggul. Pencapaian tersebut berdasarkan SK Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 3289/SK/BAN-PT/Ak.KP/M/VIII/2023 yang diumumkan pada Kamis, (24/08/2023).

Baca Juga : Prodi Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Unggul

Prodi Magister Studi Islam, yang sebelumnya terakreditasi A, berupaya meningkatkan akreditasi dengan menyusun dan mengajukan Instrumen Suplemen Konversi (ISK). Beberapa syarat yang harus terpenuhi di antaranya jumlah dosen tetap seperti Guru Besar dan Lektor Kepala harus melebihi 50%, dan bidang ilmu sesuai dengan bidang studi prodi yaitu Pendidikan Islam, Hukum Islam, Ekonomi Islam, atau Pemikiran Islam.

Syarat lainnya adalah kurikulum yang ditinjau secara berkala, penjaminan mutu yang dilaksanakan secara sistematis, kualitas lulusan atau alumni terkait dengan kompetensi, serta relevansi pekerjaaan dengan keilmuan atau kompetensi yang dimiliki, dan terakhir publikasi mahasiswa.

Kepala Program Studi Magister Studi Islam, M. Hilali Basya, S.Pd.I. M.A. Ph.D., mengungkapkan kebahagiaannya atas peraihan akreditasi Unggul yang tercapai berkat kerja sama dan dukungan dari semua pihak, dari Prodi hingga level universitas.

“Pencapaian akreditasi Unggul ini adalah kerja panjang yang melibatkan banyak pihak, para pimpinan UMJ dan FAI, serta sivitas akademika UMJ. Ini menunjukkan bahwa keberhasilan ini tercapai karena setiap pihak atau individu memahami tanggung jawab dan peran yang harus mereka lakukan dalam porsinya masing-masing,” ujar Hilali.

Selama hampir 8 bulan lamanya Prodi MSI bersama sivitas akademika UMJ berperan mengumpulkan data ISK. Proses konversi yang penuh tantangan dianggap Hilali sebagai pemicu semangat para sivitas akademika FAI UMJ.

Melalui perjuangan ini, Hilali berharap semangat kinerja dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan, terutama bimbingan dosen MSI kepada para mahasiswa untuk publikasi hasil penelitian di jurnal nasional dan internasional.

Editor : Tria Patrianti