Penampilan Seni Budaya Tutup Rangkaian Kunjungan Universiti Utara Malaysia di UMJ

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah

Rombongan mahasiswa Universiti Utara Malaysia (UUM) yang mendarat di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) sejak Rabu (23/08/2023), menutup rangkaian kunjungan atau University Tour dengan penampilan seni budaya di Aula FEB UMJ, Jumat (25/08/2023).

Para mahasiswa dari FISIP UMJ dan UUM menampilkan seni budaya yaitu Tari Saman dari Aceh yang dibawakan oleh LSO Safimta FISIP UMJ, dan Tari Zipan yang dibawakan oleh mahasiswa UUM. Turut hadir Dekan FISIP UMJ Prof. Dr. Evi Satispi, M.Si.

Baca Juga : Mahasiswa UMJ Dampingi Mahasiswa Universitas Utara Malaysia di PCA Tanjung Duren

“Melalui kegiatan kunjungan ini, semoga mahasiswa FISIP dengan mahasiswa UUM dapat bertukar pemikiran. Ini akan menambah wawasan untuk para mahasiswa. Termasuk School of Education UUM dapat berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ,” ujar Prof. Evi.

Pada kesempatan itu, Evi mengatakan bahwa pertemuan antara mahasiswa FISIP UMJ dan UUM tidak berakhir. Hal itu karena, dikatakan Evi, UMJ berencana akan melakukan kunjungan balik ke UUM.

Menanggapi hal tersebut, Pengetua Inasis Proton UUM, Dr. Asma Binti Mat, menyampaikan rasa syukur atas sambutan hangat UMJ selama University Tour dengan UUM. Asma juga menyatakan bahwa UMJ bukan universitas yang asing untuk UUM. Meski begitu, University Tour merupakan kolaborasi pertama antara UMJ dengan UUM.

“Pada tahun 2024 nanti mungkin kita bisa membuat MoU dengan School of Education. Saya menantikan kunjungan UMJ ke UUM. Ini bukan pertemuan terakhir. Semoga kita bisa bekerja sama dengan lebih baik lagi,” tutur Asma.

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengatakan ia sempat berkunjung ke UUM. Ma’mun juga berharap selalu ada kerja sama antar negara serumpun melayu seperti Indonesia dan Malaysia. Karena Indonesia dan Malaysia punya banyak kesamaan, salah satunya kebudayaan dan ekonomi.

“Harapannya tentu nanti dari UMJ akan melakukan kunjungan ke UUM, sekaligus untuk program pengabdian masyarakat. Ini suatu niscaya untuk universitas-universitas saat ini mengunjungi kampus lain karena merupakan salah satu komunikasi budaya,” ujar Ma’mun.

Mahasiswa FISIP UMJ, Nazifa Nur Hasanah yang turut terlibat dalam program tersebut memberikan kesan positif. Ia mengatakan kemiripan bahasa dan budaya antara Indonesia dan Malaysia memudahkan aktivitas termasuk berdiskusi.

Lebih lanjut mahasiswa UUM Ni Fatin mengaku senang selama berkegiatan bersama mahasiswa di UMJ. “Senang karena bisa memperoleh relasi yang lebih luas selama berada di UMJ. Selain itu saya mendapatkan banyak teman yang sangat baik-baik. Saya berharap relasi UUM dan UMJ tidak berhenti sampai disini dan mahasiswa UMJ bisa berkesempatan datang ke UUM,” ujar Fatin.

Acara penutupan University Tour ini turut dihadiri oleh Pengetua Inasis Proton Dr. Asma Binti Mat, Dekan FISIP UMJ Prof. Dr. Evi Satispi, M.Si., Dosen Pendamping UUM Mr Meor Afif Aiman Jamalullail bin Abu Bakar, Abu Bakar Bin Ahmad Mansor, dan Amiruddin Malindo.

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/