Mahasiswa UMJ Kampanye Bahaya Obesitas dan Malnutrisi

Oleh :
Kontributor FKM
LSO SEMESTA Fakultas Kesehatan Masyarakat UMJ
LSO SEMESTA Fakultas Kesehatan Masyarakat UMJ dalam Campaign Pencegahan Obesitas dan Malnutrisi, di Taman Literasi Blok M, Sabtu, (29/07/2023).

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang tergabung dalam Lembaga Semi Otonom (LSO) Seruan Mahasiswa Peduli Kesehatan (SEMESTA) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) melakukan kampanye bahaya obesitas dan malnutrisi di Taman Literasi Blok M, Sabtu (29/07/2023). Kampanye ini merupakan Project Group Gizi Keluarga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap isu kesehatan gizi.

Kegiatan dikemas dengan nama Campaign ZIGEMES yang berarti Campaign Gizi Bersama SEMESTA, mengangkat isu obesitas dan malnutrisi yang kerap diabaikan oleh masyarakat. Kampanye hadir karena adanya trend “kaum rebahan” dan junk food tanpa diiringi dengan pola hidup yang sehat di Indonesia dapat menimbulkan beragam penyakit.

Baca Juga : Jusuf Hamka Hampiri Mahasiswa FKM Saat Kampanye Anti Narkoba di CFD

Rangkaian acara kampanye diawali dengan screening pengetahuan pengunjung Taman Literasi berupa pre-test mengenai obesitas dan malnutrisi. Kemudian mahasiswa melakukan sosialisasi menggunakan alat peraga berupa poster berisi tentang gejala, penyebab, maupun dampak dari obesitas dan malnutrisi.

Selain pemberian informasi, pengunjung memperoleh alat makan, hand cream, notebook, dan real-good sebagai hadiah. Pengunjung juga diberikan post-test untuk membandingkan pemahaman terhadap obesitas dan malnutrisi setelah mendapatkan sosialisasi.

Ketua Umum SEMESTA FKM UMJ Joko Priono mengatakan, “Campaign ZIGEMES adalah salah satu acara yang diselenggarakan oleh SEMESTA FKM UMJ yang ditujukan untuk masyarakat luas. Semoga dengan diadakannya campaign ZIGEMES ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya gizi keluarga.”

Antusiasme pengunjung menambah semangat SEMESTA FKM UMJ. Pemilihan lokasi yang bertempat di Taman Literasi Blok M, dikarenakan lokasi tersebut kerap ramai pengunjung. Maka dari itu, Project Group Gizi Keluarga SEMESTA FKM UMJ tertarik untuk memberikan penyuluhan agar selain masyarakat datang untuk rekreasi, masyarakat pun dapat menambah wawasan terkait isu yang diangkat.

SEMESTA FKM UMJ merupakan lembaga yang bergerak dalam isu Kesehatan Reproduksi dan Seksual, NAPZA, Penyelamatan dan Penyehatan Lingkungan dan Gizi Keluarga. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya pencegahan terjadinya obesitas dan malnutrisi pada masyarakat dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat, terjaga, dan bahagia.

Penulis: Adipatra (SEMESTA FKM UMJ)

Ditulis kembali oleh: Mutiara Halimatu’s Sadiyah/KSU

Editor: Dinar Meidiana