Kuliah Tamu FKK UMJ Bahas Pengobatan Dispepsia dan Gerd

Oleh :
M Zulmi Wijiyanto
Kuliah Tamu FKK UMJ
Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG, sedang menyampaikan pemaparan Kuliah Tamu FKK UMJ Daring, pada Kamis (03/08/2023)

Program Studi Dokter Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan Kuliah Tamu yang membahas tentang Penanganan Sindrom Dispepsia dan GERD di Layanan Primer. Kuliah tamu digelar secara daring, menghadirkan Spesialis Dokter Penyakit Dalam dan diikuti oleh mahasiswa FKK UMJ, Kamis, (03/08/2023).

Baca juga : Mahasiswa Prodi Gizi FKK UMJ Gelar Bazar Makanan

Dekan FKK UMJ, Dr. dr. Muhammad Fachri, Sp.P, FAPSR, menyatakan bahwa Kuliah Tamu ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Dies Natalis FKK UMJ ke 20. “Pada usianya yang masih cukup muda ini FKK UMJ terus berusaha mengembangkan diri dengan berbagai inovasi dan memperbaiki segala sesuatu baik dari segi kurikulum dan lainnya sehingga dapat lebih baik di masa mendatang,” ungkapnya

Mahasiswa FKK UMJ menyimak kuliah yang disampaikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG. Menurutnya kasus dispepsia dan gerd meningkat seiring dengan gaya hidup. “Kasus di tengah masyarakat meningkat berhubungan dengan gaya hidup tidak normal dari kebiasaan sering makan keju, coklat yang menyebabkan obesitas,” ungkapnya.

Gejala dipepsia dikarenakan dengan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman pada daerah epigastrium atau uluh hati dan faktor Gerd dikarenakan gaya hidup yang tidak normal mulai dari berat badan berlebihan, perokok serta bisa menyerang di atas usia 50 tahun. Ari Fahrial menyebut bahwa persentase pengidap penyakit gerd sekitar 5 hingga 9,9 persen.

Pengobatan Gerd bisa diobati dengan cara mengontrol gaya hidup yang lebih sehat dari berhenti merokok dan mengkonsumsi alkohol, menurunkan berat badan, diet rendah lemak dan menghindari makanan yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

Menutup paparannya Dekan FK-UI, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, FACG, selalu mengingatkan para tenaga medis terutama dokter untuk menanyakan riwayat kesehatan pasien secara lebih detail, bukan sekedar pertanyaan diagnosa tebakan. 

Kuliah Tamu yang juga ditayangkan di kanal Youtube FKK UMJ TV ini diikuti oleh mahasiswa FKK UMJ dan turut dihadiri oleh Ketua Prodi Profesi Dokter Dr. dr. Farsida, MPH, dan dosen FKK UMJ.

Editor: Dinar Meidiana

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/