UMJ Masuk 5 Besar Jumlah Penelitian Terbanyak

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
UMJ Penelitian Terbanyak PTMA
Musyarah Nasional Konsorsium LPPM 20 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia, di The Sunan Hotel, Solo, Senin-Selasa, (17-18/07/2023).

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) masuk posisi 5 besar dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia yang memiliki jumlah penelitian terbanyak berdasarkan bidang fokus dalam kurun waktu 2019-2022.

Data ini termuat dalam pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Konsorsium Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang bertemakan Penguatan Ukhuwah Untuk Bersinergi Memajukan Negeri. Munas pertama Konsorsium LPPM ini diadakan di The Sunan Hotel, Solo, Senin dan Selasa, (17-18/07/2023).

Baca Juga : Penelitian UMJ Menang Pendanaan Matching Fund Kedaireka 2023

Konsorsium LPPM merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyatukan PTMA se-Indonesia agar bersama-sama meningkatkan riset, pengabdian, dan publikasi. UMJ menjadi salah satu PTMA yang berada di posisi teratas pada setiap aspek penelitian, pengabdian, dan publikasi.

Tidak hanya pada aspek jumlah penelitian, UMJ juga menempati posisi 5 besar dan 7 besar PTMA yang memiliki jumlah dosen terdaftar SINTA terbanyak, meraih dana penelitiaan berdasarkan bidang fokus, jumlah publikasi SINTA, Jumlah HKI terbanyak sepanjang tahun 2022, jumlah TKT penelitian paling banyak dalam kurun waktu 2019-2022, dan jumlah SINTA Score terbanyak dalam kurun waktu 2019-2021.

Ketua LPPM UMJ, Prof. Tri Yuni Hendrawati, M.Si., IPM. mengungkapkan data pemeringkatan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Munas Konsorsium LPPM, tidak terlepas dari kinerja segenap pimpinan dan sivitas akademika UMJ yang cukup membanggakan.

“Pemeringkatan ini meningkatkan UMJ karena kita berada di cluster yang memang sangat prestise, terutama potret 20 besar PTMA. Dan memang saat ini UMJ sedang mengejar kinerja di tahun 2023 supaya mengintegrasikan pengajaran, pelatihan, pengabdian masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan,” ujar Prof. Yuni.

Lebih lanjut, Prof. Yuni berharap dengan peringkat UMJ yang secara nasional menduduki peringkat 61 pada SINTA versi 3 untuk clusterisasi, ke depannya UMJ akan lebih maju dalam proses internalisasi.

Munas Konsorsium LPPM dihadiri oleh 20 PTMA se-Indonesia di antaranya Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menjadi tuan rumah acara, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Prof. Dr. Hamka, Universitas Muhammadiyah Tangerang, dan lain-lain.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/