UMJ Berdayakan Masyarakat Melalui KKN

Oleh :
Nadiva Rahma
KKN UMJ 2023
Pelaksanaan pembekalan KKN khusus klompok Baznas dan kelompok daerah KKN UMJ 2023 pada, Kamis (27/07/2023), Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk upaya atau ikhtiar dari UMJ untuk menghayati makna hidup lebih jauh. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Dr, Ma’mun murod, M.Si. dalam sambutannya pada kegiatan pembelakan KKN UMJ di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (FEB UMJ), Kamis (27/07/2023),

“Sebagaimana yang tertera dalam surat Al’maun tentang perintah untuk melakukan pemberdayaan, terutama kepada fakir miskin, bahwa di sekeliling kita masih banyak masyarakat yang memerlukan pemberdayaan” jelas Ma’mun.

Baca Juga : Rektor UMJ Kunjungi BKKBN Gelar Audiensi KKN Temantik Stunting

UMJ telah menjalin kerjasama dengan beberapa pihak untuk sukseskan KKN UMJ diantaranya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Dalam sambutannya, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN, Dr. Edi Setiawan, S.Si.,M.Sc.,MSE. memaparkan tentang Peran Mahasiswa Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia Melengkapi dan Memperbaharui Basis Data Keluarga Stunting.

Menurutnya, untuk menciptakan generasi emas yang unggul di tengah ekonomi yang maju dan merata, bangsa Indonesia telah mempunyai modal besar yaitu Sumber Daya Manusia. Indonesian saat ini tengah menikmati bonus demografi, yaitu keuntungan ekonomi yang bisa dinikmati suatu negara karena melimpahnya penduduk usia produktif. Mahasiswa memiliki peran penting di lapangan antara lain membantu TPK dalam melakukan intervensi Gizi Spesifik dan Sensitif melalui KKN, MBKM, pemberdayaan masyarakat dan sebagainya.

Lebih lanjut beliau menyampaikann harapannya “Kami berharap dengan pelaksanaan KKN UMJ 2023 ini, bisa mengimplementasikan program-program besar dari bangsa, terutama dalam menuntaskan masalah stunting di Indonesia,” ucap Edi

Staf Ahli Deputi 1 BAZNAS, Aditia Taruna Minang, juga menyampaikan harapannya. “Mudah-mudah an mahasiswa bisa mempunyai impresi dan pengalaman yang baik untuk diimplementasikan di masyarakat, sekaligus ini bisa menjadi peluang aktualisasi bagi mahasiswa untuk berinteraksi secara luas,” ujar Aditia.

Kegiatan pembekalan KKN UMJ khusus kelompok BAZNAS dan kelompok daerah ini dihadiri oleh Rektor UMJ, Dr, Ma’mun Murod, M.Si., beserta jajaran Wakil Rektor, Direktur Kerjasama Pendidikan Kependudukan, Dr. Edi Setiawan, S.Si.,M.Sc.,MSE., Kepala Divisi Penguatan Pengumpulan BAZNAS Ahmad Badrun Kosasih, Kepala Divisi Pengumpulan Muzaki Prioritas, Adhi Kelvianto S Pradana, Kepala Divisi Pengumpulan Retail, Arief Budiman, dan Staf Ahli Deputi 1, Aditia Taruna Minang.

Editor : Budiman

pkv games
bandarqq
dominoqq
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/dominoqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/bandarqq/
https://themeasuredmom.com/wp-includes/js/pkv-games/