Mahasiswa UMJ Berikan Penyuluhan Literasi Digital Pada Warga Kemayoran

Oleh :
Irhamzah
Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika UMJ
Warga RW 06 Kel. Harapan Mulia, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengikuti penyuluhan Program Sosmas, di Gedung Serba Guna, Minggu (30/07/2023).

Mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT UMJ) berikan penyuluhan literasi digital kepada masyarakat Kemayoran, Minggu (30/07/2023). Penyuluhan ini merupakan Program Sosial Masyarakat (Sosmas) yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMIF).

Baca juga : Alumni FT UMJ Berjiwa Enterpreunership dan Profesional

Sekitar 30 orang mengikuti penyuluhan yang digelar di Gd. Serbaguna RW. 06. Kel. Harapan Mulia Kec. Kemayoran. Ketua RW 06 Tri Agung dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas diadakannya kegiatan Sosmas di wilayah RW. 06 Harapan Mulya karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami harap teman-teman mahasiswa agar dapat terus berkolaborasi dengan masyarakat setempat yang kemudian bisa memberdayakan masyarakat dari segi teknologi, sehingga masyarakat maju dan bisa mengikuti perkembangan digital tanpa terjadi modus penipuan yang sedang marak terjadi saat ini,” ujar Tri.

Sosmas yang berkolaborasi dengan Karang Taruna setempat ini digelar sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pra-LDKM (Pra Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) yang diikuti oleh mahasiswa tingkat 1 Teknik Informatika FT UMJ. Selain sebagai perwujudan catrudarma PTMA, penyuluhan juga dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyimpangan dalam aktivitas masyarakat di dunia digital.

Mahasiswa HIMIF FT UMJ memberikan penyuluhan secara langsung sebanyak dua sesi. Pada sesi pertama Fadel Amili, mahasiswa Teknik Informatika UMJ, memberikan pemahaman pada masyarakat tentang perilaku bijak dalam bermedia sosial, peluang dalam memanfaatkan media sosial serta tips dalam mengantisipasi kecanduan terhadap media sosial.

Sementara itu pada sesi kedua Mirza Maulana, mahasiswa Teknik Informatika UMJ, membahas mengenai keamanan digital yang meliputi jenis-jenis ancaman, cara menganalisis penipuan serta cara menjaga keamanan identitas diri.

Editor : Dinar Meidiana