Alumni FT UMJ Berjiwa Enterpreunership dan Profesional

Oleh :
Mutiara Halimatu's Sadiyah
Seminar Kolaborasi IKALUM FT UMJ bersama IPM DKI Jakarta di Aula Djoeanda Fakultas Teknik UMJ, Sabtu, (22/07/2023)

Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (IKALUM FT UMJ) berkolaborasi dengan Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) DKI Jakarta menyelenggarakan Seminar dengan tema “Peran IPM dan Alumni Fakultas Teknik UMJ menjadi pribadi yang Profesional dan bermindset Enterpreunership Menuju Persaingan Lokal maupun Global.” di ruang Aula Djoeanda Fakultas Teknik UMJ, Sabtu, (22/07/2023).

Seminar yang menargetkan siswa-siswi maupun calon mahasiswa yang ada di sekitar wilayah DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan ilmu kepada peserta agar menjadi pribadi yang mampu bersaing dengan lingkungan sosial.

Sekretaris IKALUM FT UMJ, Dr. Ir. Mohammad Immamudin, M.T., menyampaikan pesan yang pernah ia dapat sewaktu di IPM, bahwa hidupilah Mummadiyah dan jangan mencari hidup di Muhammadiyah. “Masuk dalam perguruan tinggi Muhammadiyah kalian dapat 2 hal yaitu ilmu dan sedekah. Bersyukurlah kita yang bersekolah di Muhammadiyah karena menjadi nilai tambah bagi diri sendiri dan persyarikatan,” ujar Immamudin.

Immamudin juga berharap calon mahasiswa yang masuk FT UMJ dapat menjadi entrepreneur yang bisa membuka lapangan pekerjaan di masyarakat. “InsyaAllah kualitas UMJ tidak jauh dari lulusan Universitas lain,” imbuhnya lagi.

Baca Juga : UMJ dan IKALUM Bersinergi untuk Meningkatkan Soft Skill Calon Lulusan UMJ

Turut hadir Dekan FT UMJ, Ir. Irfan Purnawan, S.T., M.Chem.Eng., yang menyambut baik acara seminar. Sambil mengucapkan selamat milad kepada IPM, Irfan juga menjelaskan latar belakang nama aula Djoeanda yang merupakan pahlawan Muhammadiyah bergelar Insinyur.

“Saat ini FT UMJ sedang membangun visi baru agar wirausaha kampus ini dapat menuju global atau internasional. Semoga kolaborasi antara IKALUM FT-UMJ dengan IPM DKI Jakarta tidak berhenti sampai di sini, sehingga dapat berkelanjutan dan menumbuhkan banyak hasil yang bermanfaat, karena sukses bukan semata-mata tentang uang tapi sukses adalah dapat bermanfaat untuk orang orang sekitar,” tutur Irfan.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Wilayah IPM DKI Jakarta, Fikri Adli Nazhif menyatakan banyak lowongan kerja yang memiliki pendapatan yang berbeda dengan membuka wirausaha. Oleh karenanya, pada kurikulum merdeka telah dikonsepkan bahwa pelajar akan turut aktif dalam dunia wirausaha.

Rangkaian acara berisi pemberian informasi tentang penerimaan mahasiswa baru, macam-macam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Fasilitas, serta beasiswa yang tersedia di FT-UMJ. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang menjadi pribadi yang Professional dan bermindset Enterpreunership yang dibawakan oleh Direktur Pelayanan PAM Jaya & Alumni FT-UMJ, Syahrul Hasan, S.T., M.AP., M.M.

Seminar di akhiri dengan FT-Tour di mana peserta di ajak berkeliling untuk melihat fasilitas dan Laboratorium yang ada di Fakultas Teknik UMJ.

Editor : Budiman