UMJ dan IKALUM Bersinergi untuk Meningkatkan Soft Skill Calon Lulusan UMJ

Oleh :
Muhammad Haekal Fahmi
Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si (kedua dari kiri) dan Ketua IKALUM UMJ, Ir. Deddy Harsono, MBA., (kanan) saat acara silaturahmi UMJ dan IKALUM pada Jumat, (08/04/22).

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengundang Ikatan Alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta  (IKALUM UMJ) dalam rangka silaturahmi dan buka puasa bersama di Ruang Rapat lantai 3 Gedung Rektorat pada Jumat, (08/04/22).

Pada acara tersebut Rektor UMJ didampingi oleh Wakil Rektor III, Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Wakil Rektor IV Dr. Septa Candra, SH., MH., dan Kepala Bagian Sumber Daya Insani UMJ.

Rektor UMJ menyampaikan tujuannya mengundang pengurus IKALUM UMJ untuk membicarakan sinergisitas antara universitas dan IKALUM. “Peran alumni dalam perkembangan universitas adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena alumni akan menjadi tolak ukur keberhasilan universitas dalam mendidik mahasiswanya, maka dari itu pimpinan UMJ akan terbuka untuk menerima masukan-masukan yang membangun untuk universitas ” jelas rektor.

Selaras dengan Rektor UMJ Ketua IKALUM UMJ, Ir. Deddy Harsono, MBA., menyambut undangan silaturrahmi dengan baik, dan menyetujui akan adanya sinergi IKALUM dengan universitas karena peranan alumni di perguruan tinggi memiliki andil dalam perkembangannya. Ia menyampaikan rencana sinergi antara IKALUM dengan UMJ untuk meningkatkan soft skill para calon lulusan UMJ agar memiliki daya saing ketika Lulus dari UMJ.

“Saya menyoroti perkembangan teknologi sampai saat ini dan bila terwujud rencana presiden Indonesia pada tahun 2040, Indonesia akan banyak mengurangi peran manusia dalam bekerja fisik dan akan digantikan dengan artificial intelligence (AI), maka perlu peranan alumni untuk memberikan pengalaman dan melatih soft skills pada calon lulusan dengan magang di perusahaan besar agar memiliki pengalaman di dunia pekerjaan”, ujar Deddy.

Silaturahmi inipun diakhiri dengan buka puasa bersama dan akan direncanakan untuk pertemuan berikutnya setelah Idul Fitri dengan agenda rencana pembentukan kepengurusan IKALUM UMJ. (KSU/HF)